1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Menurutmu, Untuk apa internet cepat ?

Discussion in 'General' started by Ambrizal Suryadinata, May 18, 2014.

  1. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata External Team Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,583
    Haloo sobat WinPoin..

    Tahukah kalian salah satu mentri RI di Indonesia yang bisa saya bilang orang yang paling narsis dan selalu up to date di sosial media seperti Twitter, siapa lagi kalau bukan pak Mentri Menkominfo Tifatul Sembiring. sebenarnya saya agak gerah dengan beberapa tweetnya atau berita mengenai pertanyaannya yang paling populer yaitu "Untuk apa internet cepat ?".

    Pertanyaan tersebut pastinya adalah pertanyaan yang paling bodoh dan saat ini jadi bahan mengolok-olok para anak kecil jika mereka teriak "Lag Oeee !!!" atau paling sering "OPnya nonton ***** !!!" :ketawa: dan biasanya pertanyaan ini akan muncul setelah teriakan itu dilontarkan oleh orang tersebut.

    Jadi kalau menurut kalian semua, Jika Internet yang kamu gunakan cepat maka apa yang kamu akan lakukan ??.

    Mulai dari saya :

    1. Untuk kebutuhan Server.

    Dari sekian banyak orang yang saya tanyai tentang Server yang berada di Indonesia, baik berupa VPS ataupun Dedicated Server ( Untuk pemilik web pasti tau ) 90% orang-orang tersebut mengatakan bahwa Server Indonesia memiliki tingkat kekecewaan yang sangat tinggi dibanding Server Singapore, Honngkong, Malaysia bahkan Amerika yang jauh masih dibilang bagus oleh orang Indonesia. Jika anda tidak percaya silahkan saja tanya kepada teman anda yang mengerti tentang hal ini, karena dulu saya juga pernah begitu proses Setup dari Pemasangan OS, Konfigurasi Server, sampai benar-benar Online itu membutuhkan waktu lebih dari 2 hari. dulu saya pernah menginstall salah satu Panel ya anggap saja itu Kloxo, karena proses Instalasinya membutuhkan Koneksi Internet maka saya harus bersabar lebih lama lagi bahkan pada saat itu instalasinya gagal 6x dengan alasan Koneksi tidak stabil, bahkan pada saat itu juga saya tinggal pacaran saja belum selesai juga proses instalasi tersebut.

    2. Untuk kebutuhan Broadcast.

    Broadcast disini juga bukan seperti di BBM ya melainkan seperti siaran Radio, Radio Online biasanya membutuhkan koneksi internet yang stabil dan kecepatan akses yang tinggi, biasanya koneksi yang stabil sering kali dibutuhkan ketimbang kecepatan akses yang tinggi karena kecepatan akses yang tinggi akan menentukan kualitas suara yang akan dikeluarkan pada Radio tersebut. pada kasus stabilitas indonesia bisa dibilang masih tidak bisa mengatasi masalah ini, jangan kalian melirik Radio yang saya bahas tapi yang ada di sekitar Forum WinPoin. sebagian besar masalah terjadi karena koneksi yang tidak stabil, jadi untuk apa kecepatan akses yang tinggi kalau internet tidak stabil ? dan untuk apa juga internet yang stabil tidak memiliki kecepatan akses yang tinggi ?. itu hanya bisa dijawab sama pemerintah.

    2 Alasan ini sudah mencakup beberapa istilah seperti Streaming, Download, Upload, Trafik dan lain-lain.

    Negara kita mau menjadikan semua orang agar bisa menikmati Internet agar semua pekerjaan yang dijalankan menjadi mudah namun semua ini tidak bisa terjadi jika infrastruktur yang digunakan sangat kurang untuk pertumbuhan Negara kita.
     
  2. stefanus aggasia

    stefanus aggasia Active Member

    Joined:
    Nov 8, 2013
    Messages:
    3,004
    kalau aku tujuan inet kenceng tu soalnya aku doyan download fle gede, ngatur web, dan nonton youtube dgn kualitas hd and gak ketinggalan download film juga
     
  3. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata External Team Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,583
    Ya kalau untuk kegiatan seperti itu sih pak mentri bakal cuek, tapi untuk mas Febian kalau pernah ngerasain pake server Indonesia atau saya pasti bakal ngeluh seperti itu.

    Ya memang sih banyak orang yang mengandalkan inet kenceng untuk Download sebanyak-banyaknya entah itu Film sampai yang gambarnya kotak-kotak tapi di HP keliatan jelas :ketawa:, tapi apa boleh buat kalau udah begini ya bisa hancur juga impian itu.
     
  4. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,351
    Buat Download..., Streaming, Browsing, Chatting, e-Mail :goodjob:
     
  5. Radith Yoga

    Radith Yoga Active Member

    Joined:
    Mar 22, 2014
    Messages:
    3,260
    1.download
    mesti sabar kalo download game yg kebanyakan file ISOnya gede (saya download pes 2013 yg filenya 5,7 Gb perlu waktu 3 hari nunggu downloadannya 100%) dan tidak pernah ketinggalan download film melalui torrent (pdhl seed lebih banyak dari leech,file 1,25 Gb aja perlu 1 hari nunggunya)

    2.upload
    udah lama pengen upload file-file kuliah ke cloud storage punyaku (OneDrive,Box,google drive), tpi karena masalah speed upload jdi batal semua rencanaku
     
  6. azlvda

    azlvda Member

    Joined:
    Apr 3, 2014
    Messages:
    514
    udah tau kan maksud menkominfo buat apa internet cepat? makin cepat internet makin banyak pembajakan
     
  7. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,659
    Ya tentu saja agar ekonomi Indonesia bisa maju, seluruh aktivitas dapat lancar.
    Semoga menteri yang baru dapat mengakomodir hal ini. :ketawa: :goodjob:
     
  8. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata External Team Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,583
    Beda ceritanya untuk penyedia ISP dan penyedia layanan online yang menaruh servernya di Indonesia, pembajakan tidak ada kaitannya dengan internet yang sangat cepat buktinya aja mereka masih bisa rela nungguin downloadnya selesai tapi untuk yang gak sabar ya mungkin mereka pake SSH. tapi yang kamu maksud masalah download ya itu terserah masing-masing karena yang download aja gak tau kalau dia lagi membajak apalagi yang sudah tau.

    Saya aja sering ngeluh sama jasa penyewa server atau VPS yang data centernya di Indonesia tepatnya di Jakarta, website mati atau connection time out yang stress ya aku bukan pengunjungnya.

    Semoga aja amin.
     
  9. azlvda

    azlvda Member

    Joined:
    Apr 3, 2014
    Messages:
    514
    sayangnya masih banyak yang beranggapan internet cepat = surga download
     
  10. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata External Team Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,583
    ya itulah masalah terbesarnya, semua beranggapan internet cepat = surganya dunia.
    Mau upload + download sampe teler mereka tidak akan menghiraukannya.
    Coba pak mentri bisa melek sedikit kebelakang untuk masalah Server dan ISP pasti suatu saat akan berubah keadaannya.
     
  11. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,030
    Internet cepat buat apa?

    Kl aku sendiri tidak jauh berbeda dengan om SabunColek. Bagi aku pribadi internet cepat sangat penting untuk:

    1. Performa Server Lokal

    Webmaster dan server admin pasti sudah tidak asing lagi dengan permasalahan yang ada di server lokal. Kualitas koneksi yang kurang ditambah speed yang kecil cukup menyulitkan bagi pengelola yang memiliki website dengan trafik bejibun. Oke lah ada juga satu dua penyedia server lokal dengan speed yang gila2an, tetapi harganya cuman mampu dibayar oleh corporate besar.

    Lalu pemain kecil dan menengah kemana? Rata2 larinya ke server singapore atau server US yang memiliki speed dan uptime yang jauh lebih tinggi dengan biaya yang lebih rendah.

    Hampir semua teman2ku yang punya web menggunakan server di singapore dan di US (termasuk WinPoin ini juga menggunakan server US). Uang pun akhirnya harus lari ke negara lain dan tidak ke pengusaha web lokal di Indonesia.

    2. Streaming (Belajar/Hiburan/Informasi)

    Jujur aja aku lebih senang belajar lewat video daripada harus membaca teks yang sangat panjang. Oleh karena itu kecepatan internet sangat kubutuhkan supaya proses belajar via streaming tetap lancar dan tidak menyebalkan, karena tidak semua media belajar via video menggunakan teknologi seperti di Youtube yang kualitasnya bs menyesuaikan dengan speed internet kita.

    Itu baru ngomongin belajar, hal yang menurutku sangat penting dan krusial. Belum lagi ngomongin streaming informasi dan hiburan yang juga sama2 butuh koneksi internet cepat.

    Oleh karena itu jangan heran kalau media belajar online di indonesia saat ini masih didominasi dengan text based learning, yaitu belajar melalui media berbasis teks. Mungkin hal ini karena banyak teman2 yang speed nya blm bisa nyaman saat digunakan untuk streaming materi yang berupa video.

    3. Remote Desktop

    Nah, ini yang paling sering membuat dongkol nih. Ketika melakukan remote desktop dari PC lokal ke server Windows di US sana..proses nya lambat sekali seperti slow motion...hihihihi. Alhasil perlu kesabaran ekstra saat harus memanage server Windows nun jauh disana dari PC yang ada di depan mata.

    4. Backup Website

    Selama ini proses backup aku lakukan via internal server, dan server to server. Terkadang ingin juga untuk melakukan Rsync dari server website ke PC lokal, tetapi apa daya koneksi internet di PC lokal kurang begitu memadai untuk melakukan ini.

    5. Mobilitas: Teknologi saat ini sudah beralih menjadi web based, internet based, dan cloud based

    Entah temen2 sadar atau tidak, tetapi inilah yang aku rasakan. Saat ini teknologi sudah beralih dari lokal menuju ke web based, internet based, dan cloud based. Semakin lama semakin banyak hal yang membutuhkan koneksi internet.
    • Adobe Photoshop, Dreamweaver, dan paket Adobe lainnya..dulu dia software yang diinstall di lokal tetapi kini dia menjadi Adobe CC (creative cloud) yang membutuhkan internet saat digunakan
    • Backup dan penyimpanan..dulu tentu saja backup di secondary hardisk dan media penyimpanan lokal lainnya, sekarang yang lagi ngetrend adalah cloud storage dan sync backup. Ini membutuhkan koneksi lancar juga.
    • Microsoft Office..dulu cuman ada versi installer saja, sekarang dia bergerak menuju ke cloud based dengan merilis Office 365.
    • Windows..bahkan saat ini Microsoft tengah menyiapkan Windows Cloud a.k.a Windows 365 yang butuh internet saat digunakan.
    • Belum lagi web apps lain yang butuh koneksi internet..fyuh..banyak!

    Dengan pergerakan teknologi ke arah web based, internet based, dan cloud based tersebut..apa yang terjadi kalau koneksi di indonesia tetap lambat? Mampukah indonesia mengikuti perkembangan teknologi tersebut?

    6. Webinar

    Mungkin di indonesia blm begitu populer nih webinar ini. Ini karena speed kita kurang begitu mendukung untuk melakukan webinar. Webinar ini layaknya seminar tetapi dilakukan melalui web secara online. Streaming sangat dibutuhkan disini. Microsoft cukup sering mengadakan webinar2 secara rutin.

    7. Kolaborasi team

    Hihihi..tau nggak sih sekarang jamannya outsource dan freelance online? Aku sering mencari team secara outsource dan untuk melakukan kolaborasi (project colaboration / project management) pastinya bakal mudah jika didukung oleh speed internet yang cepat. Video conference, share file project, share screen view, dsb bakal optimal kl speed inetnya cepet.

    8. Update Windows

    Patch tuesday dirilis secara rutin sebulan sekali, update mayor semacam Windows 8.1, Windows 8.1 Update, dan sebentar lagi Windows 8.1 Update 2 cukup sering dirilis. Terkadang besarnya update mencapai 1 - 2 GB, dengan speed yang cepet pasti lebih nyaman lah melakukan update OS.

    Masih ada banyak lagi benernya yang bisa kujawab jika mister tifatul menanyakan untuk apa internet cepat. Tetapi 8 itu udah cukup mewakili. Emang mayoritas internet cepat aku manfaatkan untuk bekerja, krn aku tidak begitu punya banyak waktu untuk hiburan. :ketawa:


    Berarti pacarannya kurang lama sob..xxixixix
    Semakin lemot koneksi internet, maka harus semakin lama durasi pacarannya :ketawa:

    Menurutku kl menkominfo membatasi speed internet / tidak mendukung cepatnya speed internet dikarenakan untuk mengurangi pembajakan, maka itu bukan solusi yang bijak.

    Ini sama saja seperti melarang penggunaan pisau karena alat tersebut bisa digunakan untuk menusuk orang.

    Bukan speed internetnya yang harus dibatasi, tetapi mental dan mindset pengguna internetnya yang harus dibenahi. (meskipun aku tau sih..sulit juga membenahi mental dan mindset orang indonesia..WinPoin udah cukup ikut berkontribusi dengan melarang membagikan something ilegal disini..hasilnya yang ada forumnya gak bisa seramai forum sebelah yang penuh dengan bajakan didalamnya :ketawa:)

    Tetapi satu hal yang aku sikapi dengan positif, bahwa lambatnya internet di indonesia tidak hanya karena batasan dari menkominfo saja seperti anggapan banyak orang. Tetapi karena di Indonesia adalah negara kepulauan yang membuat cukup sulit untuk melakukan pembangunan infrastruktur internet cepat. Laut..pulau..gunung dan lembah membuat tantangan tersendiri jika ingin membangun infrastruktur internet yang baik.

    Belum lagi jumlah penduduk indonesia yang sangat banyak, membuat jatah speed dan bandwidth menjadi kecil setelah dibagi untuk sekian ratus juta orang.

    Lagipula di indonesia siapapun udah bisa merasakan internet cepat, asal mau bayar mahal :ketawa:

    Contohnya saja bagi yang mau bayar 2.8 jt per bulan bs dapet 100Mbps dari paket IndiHome Speedy, bagi yang mau bayar 3 juta per bulan bisa dapet 100Mbps dari paket Fast Infinite FirstMedia. 100Mbps lho..bagaimana? Cepat sekali khan?? :kagum:

    Jadi intinya internet cepat sudah ada di indonesia, tinggal siap bayar mahal atau tidak. :kagum:
     
  12. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,659
    Masalahnya kebanyakan internet cepat masih dibatasi oleh kuota / FUP, seperti BOLT yang saya pakai ini.
    Jadi walau cepat, streaming harus dibatasi. :ketawa:

    Kebanyakan kuota besar internet cepat juga biasanya pada tengah malam (dinihari 00.00 - 09.00).
    Contohnya XL Super Ngebut:
    00.00 - 12.00 = 11 GB
    12.00 - 23.59 - 1 GB.
     
  13. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata External Team Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,583
    :ketawa: ini dari lebaran batu sampe ketemu lebaran sekarang belum habis quota tengah malamnya meskipun ini smartfren.
     
  14. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,659
    Napa gak dihabisin aja kuotanya, lumayan buat download >10 film HD. :ketawa:
     
  15. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata External Team Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,583
    Dosa saya nanti :ketawa:.
     
  16. Mayza MyZone

    Mayza MyZone Super Moderator Staff Member

    Joined:
    Dec 16, 2013
    Messages:
    4,951
    klo aku ,, internet cepat itu untuk download, browsing dan streaming,, hahhaa
     
  17. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,659
    Gpp, kalo pake internet ilegal (inject, SSH), itu baru dosa. :v
     
  18. ilhamajah04

    ilhamajah04 Well-Known Member

    Joined:
    Nov 27, 2013
    Messages:
    4,727
    internet cepat menurutku untuk
    1. Biar gak stress nunggu downloadtan lama
    2. biar gak kewarnet lagi kalo download diatas 1 GB
    3. Biar searching nya gak buffer
    4. Youtubepan gak buffer
     
  19. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,030
    Sepertinya sang ISP pengen kita jd kelelawar, ISP yang g peduli terhadap kesehatan konsumen :ckckck:
     
  20. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,659
    Karena pada waktu tersebut banyak orang yang bergadang untuk download karena speed lebih lancar & stabil ketimbang siang hari.
     

Share This Page