1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Mulai Maret 2015, pelanggan seluler wajib lakukan registrasi ulang

Discussion in 'General' started by Henwardi1, Jul 16, 2014.

  1. Henwardi1

    Henwardi1 New Member

    Joined:
    Jul 14, 2014
    Messages:
    404
    Seluruh pelanggan telepon seluler di Indonesia wajib melakukan registrasi ulang demi terciptanya entry data informasi yang rapi. Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menegaskan pembenahan ini akan dimulai Maret 2015.

    "Jadi setelah registrasi untuk kartu baru di bulan September. Enam bulan kemudian, kita bisa melakukan untuk pelanggan existing. Kita fokus awal di kartu baru karena biasanya dikit, tidak sebanyak pelanggan yang sudah existing," kata salah satu anggota BRTI Riant Nugroho, di Gedung Indosat, Jakarta, Rabu (16/7/2014).

    Registrasi ulang yang dimaksud pun juga bukan dilakukan oleh konsumen/pelanggan, namun harus melalui distributor utama atau besar. Jeda waktu yang diberikan adalah 2 bulan. Bila belum melakukan registrasi ulang, maka akan ada konsekuensi/hukumannya.

    Setelah itu, bila nanti dalam 2 bulan belum registrasi maka pelanggan akan diberikan tenggat waktu 2 bulan lagi, dengan catatan setelah tenggat 2 bulan pertama habis kartu-nya akan di-blackout alias hanya bisa menerima panggilan dan SMS masuk saja. Bila masih tidak melakukan juga, maka kartu selulernya sudah dipastikan tidak akan bisa digunakan sama sekali.

    Untuk melakukan registrasi pun tidak sembarangan. Harus dilakukan dengan menggunakan identitas asli dan dilakukan di distributor utama. Jadi, pedagang kaki lima atau lapak kecil tidak bisa melakukannya.

    "Namun kita masih berkonsultasi dengan operator di lapisan berapa distributor yang boleh melakukan registrasi ulang ini. Karena tiap-tiap daerah berbeda," tambahnya.

    Sistem registrasi ini memang harus dilakukan karena sesuai dengan surat edaran BRTI no 161/ BRTI/V/2014 dimana isinya adalah agar penyelenggara telekomunikasi melaksanakan registrasi pelanggan prabayar seusai dengan Peraturan Menteri No 23 Tahun 2005.

    Bila ditilik dari jangka waktunya, registrasi menggunakan identitas untuk kartu seluler di Indonesia sebenarnya sudah berjalan hampir sepuluh tahun. Akan tetapi harus diakui tidak berjalan dengan baik.

    "Dulu kita berharap registrasi ini berjalan dengan sukarela. Namun makin ke sini, malahan banyak informasi yang disalahgunakan. Ini yang kita benahi," tutur anggota BRTI lainnya, Nonot Harsono.


    "Rata-rata distributor itu adal 3 level. Nah, ini nanti yang sedang kita siapkan kerjasamanya seperti apa dan level dimana saja yang boleh melakukan registrasi ini," kata salah satu anggota BRTI Riant Nugroho, di Gedung Indosat, Jakarta, Rabu (16/7/2014).

    "Ke depannya kita juga bisa mengusulkan agar penjual eceran tidak boleh lagi menjual kartu SIM. Karena dalam hasil survei, penjual tidak mendapatkan keuntungan dari berdagang kartu SIM. Tapi bila mereka memaksa, sifatnya mereka hanya menjual, registrasi tetap di distributor besar," tegasnya.

    Registrasi melalui pihak distributor pun diyakini banyak keuntungannya. Sebab, bila suatu hari nomor yang didaftarkan menggunakan identitas palsu maka yang ditelusuri melalui distributor yang mendaftarkannya.

    Sementara itu pihak dari operator menyambut baik mengenai pembenahan sistem registrasi ini. Sebabnya, penyelenggara telekomunikasi bisa memberikan layanan yang maksimal.

    "Registrasi tidak maksimal sebetulnya mengganggu secara langsung tidak. Tapi untuk layanan iya. Sebab 99% prepaid, separuhnya gelap. Sehingga kita memberikan layanannya kurang maksimal," kata Ketua ATSI Alexander Rusli.

    Dia juga mengatakan mudahnya melakukan registrasi, sebetulnya membuat operator kerepotan. Apalagi ini bila dikaitkan dengan SMS spam atau sejenisnya.

    "Tapi masalahnya kan kita tidak punya wewenang untuk menentukan apakah identitas seperti KTP itu palsu atau tidak," tandas yang juga Presiden Direktur dan CEO Indosat tersebut.


    Selain melakukan perbaikan registrasi prabayar, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menerapkan aturan lain saat mendaftarkan nomor seluler. Salah satunya, kartu pelajar tidak bisa lagi digunakan untuk mendaftar.

    "Dahulu kita bisa kasih nomor kartu pelajar buat registrasi, tapi nantinya sudah tidak lagi. Pelajar yang belum berusia 17 tahun atau belum punya KTP ya belum bisa mendaftarkan nomor selulernya," kata salah satu anggota BRTI Riant Nugroho, di Gedung Indosat, Rabu (16/7/2014).

    "Ya, dengan usia 17 tahun kita anggap pelajar itu sudah mempunyai tanggung jawab," tambahnya.

    Namun bila pelajar yang belum mempunyai KTP, namun tetap ingin menggunakan nomor seluler maka bisa menggunakan KTP orangtuanya.

    Sumber: Detik (Sumber 1 | Sumber 2 | Sumber 3)


     
  2. ilhamajah04

    ilhamajah04 Well-Known Member

    Joined:
    Nov 27, 2013
    Messages:
    4,728
    Oh shitttttttt..........

    Kalo,daftar ulang lagi trus Ada kuota 20 gb cemana?ilang dong
     
  3. Krisnanda Juni Antara

    Krisnanda Juni Antara General Moderating Staff Member

    Joined:
    Apr 21, 2014
    Messages:
    2,449
    OMG, bikin pusing 7 keliling
    meskipun yang kamu simpulin di bagian positif dan negatif ada benarnya :woa:

    [hr]
    btw kalo nulis beritanya singkat singkat saja ya seperti saya dan mas ilham, jangan panjang panjang :goodjob:
     
  4. Henwardi1

    Henwardi1 New Member

    Joined:
    Jul 14, 2014
    Messages:
    404
    Mungkin tidak, selama kartunya di-registrasi ulang sebelum kena blackout (masa tenggat 2 bulan pertama habis).

    Yup, mau registrasi ya ke mall dulu (sepertinya), terlebih lagi bagi yang punya no. HP lebih dari satu.

    [hr]

    Thanks untuk sarannya, nanti akan diusahakan, ini saya gabung dari 3 sumber sekaligus agar lengkap. :kagum:
     
  5. Radith Yoga

    Radith Yoga Active Member

    Joined:
    Mar 22, 2014
    Messages:
    3,260
    ini mah udah dilakukan oleh negara maju
    China adl negara yg paling ketat soal pemalsuan identitas kartu seluler
     
  6. fransgento

    fransgento Member

    Joined:
    Mar 26, 2014
    Messages:
    371
    waww.. panjang banget beritanya :tidaak1:
    untung gw kalo ngisi identitas lengkap dan benar,, jdi malah gw tunggu aturan ini
     
  7. Z.A.Y

    Z.A.Y Moderator Staff Member

    Joined:
    May 21, 2014
    Messages:
    1,792
    :ketawa: para anak-anak sekolah akan repot nih untuk bisa daftar ckckckck << kalau gak bawa orang tua
     
  8. Dejiko

    Dejiko New Member

    Joined:
    Mar 21, 2014
    Messages:
    2,309
    wah kalau dulu registrasi kartu buat tab itu ke konter

    secara

    KTP Belum punya
    SIM/STNK Belum punya
    baru punya kartu pelajar sejak kelas 7
     
  9. Jazz

    Jazz Super Moderatór Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,751
    Hmmm...
    Kyknya ini Petaka ya?, tp kurang perduli begituan jdnya nggak Pernah tau soal Beginian
     
  10. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,029
    Ribet amat pake harus ke distributor + bawa KTP sekalian
    Kl pengen pake kartu seluler tp belom punya KTP hrs pake KTP ortu :ckckck:

    Biar tahu itu beneran anaknya atau bukan harus bawa KK juga?
    Kalau perlu surat keterangan dari RT, RW, dan kelurahan setempat yang menyatakan orang tersebut benar2 warganya?

    Ini mau pake kartu seluler atau mau daftar kartu kredit..??
    Gak sekalian aja disurvey ke rumah utk cek ricek rumahnya kontrak atau milik sendiri?? :ketawa:
     
  11. Mayza MyZone

    Mayza MyZone Super Moderator Staff Member

    Joined:
    Dec 16, 2013
    Messages:
    4,958
    hadeh,, ribet lagi,, males deh harus daftar ulang,, uda kya mau masuk sekolah :woa:
     
  12. Henwardi1

    Henwardi1 New Member

    Joined:
    Jul 14, 2014
    Messages:
    404
    Yap, beberapa negara maju sudah menerapkannya. Indonesia sedikit terlambat.

    Biar nanti spamming bisa berkurang sob. :cool:

    Yup, kalo belum punya KTP mau tidak mau gunakan KTP milik orang tua. :goodjob:

    Bukan petaka, tapi ini memang terpaksa perlu dilakukan karena makin banyaknya penyalahgunaan layanan seluler (telepon/SMS) untuk keperluan yang tidak penting (penipuan, spam "mama minta pulsa:, dsb). :cool:

    Sepertinya tidak perlu, hanya KTP saja.
    Dengan ini nantinya kartu SIM digunakan oleh orang yang benar-benar mau menggunakannya dengan bijak saja, bukan untuk keperluan sembarangan.

    Meskipun begitu, kejahatan yang memanfaatkan layanan seluler dapat terminimalisir. Jadi hanya digunakan oleh pengguna yang benar-benar mau menggunakannya dengan bijak. :cool:
    Di luar negeri pun beberapa negara juga sudah menerapkan kebijakan ini. :goodjob:
     
  13. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,318
    bisa dirangkum.... kepanjangan jadi males baca :woa:
     
  14. Henwardi1

    Henwardi1 New Member

    Joined:
    Jul 14, 2014
    Messages:
    404
    Nanti coba diusahakan, karena gabung dari 3 sumber sekaligus jadinya ya begitu. :woa:
     
  15. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,318
    ya nih,
    aduh emang saya nya juga nih males baca :ketawa:
     
  16. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata External Team Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,575
    Yang punya modem banyak siap-siap stress.
     
  17. Henwardi1

    Henwardi1 New Member

    Joined:
    Jul 14, 2014
    Messages:
    404
    Terlebih jika pake provider kartu 3 AON (Tri) a.k.a "sekali pake buang". :ketawa:
     
  18. Isyroq Ank PKU

    Isyroq Ank PKU Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2014
    Messages:
    1,473
    Kalo daftar, terus informasinya beda ama informasi yang pertama kali pas registrasi, gimana tuh?
     
  19. Henwardi1

    Henwardi1 New Member

    Joined:
    Jul 14, 2014
    Messages:
    404
    Mungkin tidak akan terjadi apa-apa sob.
    Kalo mau sama seperti data pertama registrasi, Tinggal datang aja lagi ke distributor suruh ubah data kita *spekulasi. :ketawa:.
     
  20. stefanus aggasia

    stefanus aggasia Active Member

    Joined:
    Nov 8, 2013
    Messages:
    3,006
    wah untungnya aku saat registrasi pake id yang bener dan gak ada sedikit pun kebohongan
     

Share This Page