1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

mungkin ada nilai positif dari google

Discussion in 'Cuap-Cuap' started by whyuwa, May 3, 2016.

  1. whyuwa

    whyuwa Member

    Joined:
    Dec 16, 2014
    Messages:
    417
    mungkin ini cara "blusukan" ala google, kapan nh microsoft udah gk jaman masih idealis aja..

    Ponsel Android Bakal Mengerti Bahasa Jawa

    '
    Google mengumumkan akan bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk membuat mesin yang bisa mempelajari bahasa Jawa.

    Kerja sama tersebut merupakan bagian dari Project Unison, yaitu proyek penelitian Google untuk membuat suara text-to-speech yang cepat, murah dan efisien, khususnya untuk bahasa dengan sumber referensi yang terbatas.

    Cara kerja proyek ini adalah mengumpulkan berbagai rekaman tuturan berbahasa Jawa dan memamakainya sebagai model bahasa di berbagai produk Google.

    Sebagaimana disampaikan dalam keterangan resmi Google kepada KompasTekno, Selasa (3/5/2016), jika proyek tersebut sukses maka ponsel Android akan bisa memahami perintah (voice input) atau membacakan teks (text-to-speech) dalam Bahasa Jawa.

    Di Indonesia sendiri terdapat kurang lebih 80 juta orang yang berbicara dalam bahasa Jawa. Merekalah yang diharapkan bisa mendapatkan manfaat besar dari fitur ini.

    Sekadar diketahui, membuat fitur text-to-speech cenderung sulit dilakukan, apalagi untuk bahasa dengan sumber daya terbatas. Pasalnya proyek seperti ini membutuhkan banyak data percakapan dan biaya tinggi.

    Namun kemajuan teknologi telah menyederhanakan metode pengumpulan data dan mengecilkan biaya yang dibutuhkan. Kini Google bisa mengumpulkan data hanya memakai perangkat seharga 2.000 dollar Amerika Serikat atau setara Rp 26 juta.

    Harga tersebut untuk perangkat yang terdiri dari komputer, mikrofon, USB converter dan pre-amplifier.

    Sebelumnya, Google juga telah berhasil menyelesaikan Project Unison untuk Bahasa Bengali, India, yang total memiliki 210 juta orang penutur.
     
  2. iyuskroya

    iyuskroya Active Member

    Joined:
    Mar 20, 2015
    Messages:
    442
    dari dulu kan positif gan positif banget, memang harus di jadikan sebagai default browser di pojok kanan bawah hape Lumia. Tombol yang ngga pernah saya pake adalah tombol yang gambar kaca pembesar. Iya itu pojok kanan bawah itu.
     
    Last edited: May 3, 2016
  3. Mochamad

    Mochamad Guest

    Well, bahkan bagi saya meski Google ada bahasa Sundanya. Saya akan tetap pergunakan Bahasa Inggris karena lebih umum.
     
  4. iyuskroya

    iyuskroya Active Member

    Joined:
    Mar 20, 2015
    Messages:
    442
    iya yah tetep aja kita pake bahasa yang mudah orang pahami, Bahasa universal, seperti bahasa indonesia yang sangat bisa saya pahami.
     
  5. Mochamad

    Mochamad Guest

    Pasti bersyukur ya orang-orang Inggris sana ... begitu niatnya nenek moyang mereka menjajah sebagian besar daerah di bumi tercinta ini sampai-sampai bisa membuat bahasa mereka sebagai bahasa internasional.
     
    • Like Like x 1
  6. iyuskroya

    iyuskroya Active Member

    Joined:
    Mar 20, 2015
    Messages:
    442
    begitulah adanya gan, ini ngga melenceng dari topik gan hehe, takut dihapus lagi nanti, hehe
     
  7. jatislhdn

    jatislhdn Member

    Joined:
    May 2, 2016
    Messages:
    46
    ya mudah mudahan saja cepat kelar kk bahasa jawa nya si google
     

Share This Page