1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Nomophobia - Phobia Ketergantungan Terhadap Gadget

Discussion in 'General' started by Yusril Ibnu, Jun 26, 2015.

  1. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,318
    Ketika saya sedang iseng mencari macam macam phobia ternyata sangat banyak, dan uniknya ada salah satu phobia yang mungkin banyak dialami oleh member Winpoin dan mungkin saya sendiri juga :v. yang phobia yang satu ini bernama Nomophobia.

    [​IMG]

    Apa itu Nomphobia ?
    Nomophobia atau disebut gila gadget sebenarnya singkatan bahasa inggris, yaitu No Mobilephone Phobia, yang mempunyai arti sebuah kecemasan berlebih yang dirasakan oleh seseorang karena terpisah dari gadget yang dia miliki baik Smartphone, tablet, dan gadget lainya.

    Ini merupakan phobia masa kini, ini terjadi karena teknologi yang berkembang secara drastis sehingga rata rata hampir semua orang di kota besar memiliki gadget minsalnya handphone. Survei mengatakan 70% perempuan pengguna smartphone akan merasa cemas jika jauh dari gadgetnya, sedangkan 61% laki-laki mengalami hal yang sama. Survei lain menyebutkan pada tahun 2008, penderita nomophobia di Amerika mencapai 53%. Yang lebih mencengangkan, empat tahun kemudian (2012), jumlah tersebut naik secara drastis mencapai 66% (77% di antaranya merupakan remaja yang berumur 18 – 24 tahun).

    Ciri - Ciri Nomophobia :
    1. Badmood ketika tidak ada signal atau internet.
    2. Panik jika gadget tidak pada gengaman anda.
    3. Gemar selfie, update status, change display picture anda tiap jam/menit.
    4. Dimanapun, kapanpun anda selalu membawa gadget (bahkan hingga ke kamar mandi atau hanya asik dengan gadget anda shingga melupakan teman sekitar).
    5. Tidur dekat ponsel anda.
    6. Siap sedia Powerbank atau gadget cadangan karena baterai anda tidak boleh menipis.
    7. Hal utama ketika bangun tidur apalagi kalo bukan mengecek gadget anda.
    8. Tempat-tempat berlogo WIFI tersedia menjadi tempat favorit anda.
    9. Stress, sedih berlebih jika gadget rusak/tidak berfungsi dengan benar

    Bahaya Nomophobia
    Sebagian besar dari kita berfikir bahwa ketergantungan terhadap gadget bukan permasalahan yang serius. Padahal sebenarnya ada beberapa efek cukup berbahaya yang ditimbulkan oleh nomophobia. khususnya efek bahaya ini akan terjadi dalam jangka panjang. Berikut ini adalah beberapa efek negatif dari nomophobia :

    Stres Berlebih
    [​IMG]

    Penderita nomophobia memiliki kecenderungan terhadap tingkat stres yang tinggi. Tingkat stres ini lah yang kemudian menjadikan tingkat emosional orang tersebut menjadi tidak stabil. Hasilnya jadi mudah tersinggung dan marah marah.
    Contoh : Stress akibat telpon genggam
    Kurang Fokus
    [​IMG]
    Penderita nomophobia akan memiliki keterikatan dengan gadget yang sangat kuat. Hal ini lah yang menyebabkan pikiran orang tersebut akan selalu fokus dengan gadgetnya, meskipun dia sedang melakukan aktifitas lain. Ketidakfokusan ini akan menjadi hal yang fatal manakala orang tersebut sedang melakukan pekerjaan berbahaya seperti menyetir, membawa alat berat, dan sebagainya.

    Seorang pengendara yang terlalu fokus dengan gangetnya
    Berdasarkan statistik yang terjadi di Amerika, pada tahun 2012, 26% kecelakaan pada lalu lintas disebabkan oleh ketidakfokusan pengendara yag diakibatkan oleh penggunaan ponsel pintar pada saat berkendara. Sedangkan 1500 pejalan kaki mengalami cidera yang diakibatkan oleh pengendara yang tidak fokus akibat ponsel pintar.
    Anti sosial.
    [​IMG]
    Penderita nomophobia menghabiskan lebih banyak waktu dengan membuka jejaring sosial atau bermain di ponsel pintarnya. Mereka akan terjebak dengan kebahagiaan yang mereka dapatkan di dunia maya. Penderita Nomophobia lebih mementingkan interaksi di dunia maya dibanding dengan komunikasi face to face dengan teman di dunia nyata.

    Pasangan yang sibuk dengan gangetnya masing-masing
    Berdasarkan fakta yang ada di sekitar saya, banyak sekali pasangan yang hubungannya semakin renggang karena satu sama lain memilih untuk lebih perhatian kepada ponsel pintarnya dibandingkan dengan pasangannya.

    Insomnia
    .
    [​IMG]
    Salah satu efek stres akibat nomophobia bisa diekspresikan dalam bentuk gejala insomnia. Rasa tidak mau berpisah dengan ponsel pintar memberi instruksi kepada otak untuk terus menerus memikirkannya sehingga mengusir rasa kantuk. Penderita nomophobia biasanya tidak bisa jauh dari telfon genggam ketika akan tidur.

    Perkembangan ponsel pintar yang semakin pesat dari tahun ke tahun memungkinkan penderita nomophobia akan semakin meningkat di kemudian hari. Mudah-mudahan kita bisa menjaga diri kita dan orang di sekitar kita agar bisa menjauh dari bahaya yang ditimbulkan oleh nomophobia.

    Nah loh, apakan kamu terkena Phobia ini ? bagaimana kamu mengatasi agar tidak terkena phobia ini ? yuk kita diskusi lebih lanjut disini.

    Code:
    https://justonyx.wordpress.com/2015/03/17/penyakit-berbahaya-itu-bernama-nomophobia/
    Code:
    http://dhanzcorner.blogspot.ae/2014/09/waspadai-8-delapan-ciri-ciri-nomophobia.html
    Dengar Perubahan
     
    • Informatif Informatif x 1
  2. andriea

    andriea Member

    Joined:
    Apr 7, 2015
    Messages:
    241
    Ane gak ketergantungan terhadap smartphone sih ._. tapi Smartphone ane digunain buat bantu Presentasi tugas lewat Laptop + Lumia ane :v
     
    Last edited: Jun 26, 2015
  3. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,318
    yang penting tida ada rasa khawatir berlebih ketika smartphone tidak ada, berarti anda aman :v
     
  4. Bagus Fahrudin

    Bagus Fahrudin Well-Known Member

    Joined:
    Dec 2, 2014
    Messages:
    1,755
    ane cuma kena gynophobia. gara-gara lama di ponpes.
     
  5. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,318
    phobia cewek ?
     
  6. Bagus Fahrudin

    Bagus Fahrudin Well-Known Member

    Joined:
    Dec 2, 2014
    Messages:
    1,755
    agak gak bisa deket sama cewek.
    ngerasa gak enak aja. (kecuali emak ane)
     
  7. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,318
    klo sama cowok enak ?
    phobia :v
     
  8. Jazz

    Jazz Super Moderatór Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,751
    Klo soal tanya phobia Saya phobia sama kecoa terbang -_-"
     
  9. Bagus Fahrudin

    Bagus Fahrudin Well-Known Member

    Joined:
    Dec 2, 2014
    Messages:
    1,755
    wkwkw bukannya enak. biasa aja om.
     
  10. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,318
    saya juga sih ngeri lihat kecoa terbang:v
    Owh dikirain :v

    oke back ke phobia nomophobia
     
  11. DesubsKun

    DesubsKun Active Member

    Joined:
    May 1, 2015
    Messages:
    961
    Pasti nomophobia tidak bisa lepas dari gadget jujur aja aku kettergantungan gadget
     
  12. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,318
    rasanya jika tidak ada gadget bagaimana gitu ya rasanya :v
     
  13. DesubsKun

    DesubsKun Active Member

    Joined:
    May 1, 2015
    Messages:
    961
    ya dah :3 aku udh jujur itu kalau gak ada gadget serasa sepi :3 lho cuma bisa santai diatas rumah :v sambil lihat langit :v
     
  14. Z.A.Y

    Z.A.Y Moderator Staff Member

    Joined:
    May 21, 2014
    Messages:
    1,792
    nolaphobia :v :D:D ane mah lebih takut kehilangan laptop di banding ponsel _--_
     
  15. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,318
    baru nih No Laptop Phobia :v
     
  16. DesubsKun

    DesubsKun Active Member

    Joined:
    May 1, 2015
    Messages:
    961
    Wkwkwk nolaphobia :v lol lol lol
     
  17. Labib Muhammad

    Labib Muhammad New Member

    Joined:
    Jun 7, 2015
    Messages:
    24
    Aku tidur dekat ponsel, tapi nggak ketergantungan. Maklum untuk alarm. Lebih ke nokomphobia
     
  18. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,318
    apa itu nokomphobia ._.
    nanti lama lama ada nowinpoinphobia :v
     
  19. Labib Muhammad

    Labib Muhammad New Member

    Joined:
    Jun 7, 2015
    Messages:
    24
    No Komputer Phobia.
    Haha, aku memang selalu nge cek Winpoin setiap hari, jangan-jangan aku mulai kecanduan xOx
     
  20. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,318
    yey kita buat phobia jenis baru :v :D
     

Share This Page