1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Pakai "Browser" Firefox, Siap-siap Diganggu Iklan

Discussion in 'General' started by marwanto.se, Feb 16, 2014.

  1. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,659
    KOMPAS.com - Mozilla berupaya mendapatkan pemasukan lebih dari browser-nya, Firefox. Selama ini, pemasukan Firefox sebagian besar berasal dari Google.

    Dengan semakin menyusutnya pangsa pasar Firefox, Mozilla berupaya mencari pendapatan dari sumber lain, salah satunya adalah memasang iklan sendiri. Dalam blog resminya, Mozilla mengungkapkan rencananya untuk menampilkan iklan di tab Firefox.

    Iklan tersebut nantinya akan dimunculkan oleh Mozilla saat pengguna membuka tab baru, mirip dengan fitur Speed Dial yang menampilkan tampilan situs web yang sering diakses. Bedanya kali ini yang ditampilkan adalah iklan.

    Pemasang iklan nantinya bisa membeli slot yang tadinya ditempati oleh tile milik situs yang sering dikunjungi tersebut. Firefox menyebutnya dengan istilash "sponsored tiles," dan memberi label yang jelas bahwa tile tersebut adalah berupa pariwara.

    Cara yang ditempuh oleh Mozilla untuk Firefox ini mungkin baru berupa langkah awal saja. Dikutip dari Techcrunch, kemungkinan di masa depan pengguna Firefox hanya disuguhi iklan, tanpa daftar situs favorit.

    Hingga kini, pendapatan Firefox baru berasal dari iklan Google. Sebelumnya, Google dan Firefox sepakat untuk menjadikan Google Search sebagai mesin pencari default dalam browser berlambang rubah tersebut.

    Keduanya juga diketahui saling berbagi keuntungan melalui iklan Google AdWords.

    Langkah Mozilla tersebut bertolak belakang dengan apa yang dilakukannya pada Firefox selama ini. Sebelumnya, Mozilla membuat fitur agar kegiatan yang dilakukan pengguna dengan browser-nya tidak bisa diendus mesin pencari iklan atau targeted ads.

    Namun kini, Firefox mau tak mau harus berdamai dengan pengiklan. Dalam postingan blog-nya, belum jelas kapan Mozilla akan mulai memperkenalkan promoted tiles dalam tab-nya.

    Sumber

    Kalo ini sampai benar-benar terjadi, maka nantinya makin banyak user yang berpindah ke browser lain (antara IE dan Chrome). Tapi ini (mungkin, maaf) bisa menjadi keuntungan bagi Microsoft ataupun Google karena semakin banyak yang menggunakan browser besutannya, apalagi sekarang IE fitur-fiturnya sudah bagus & lebih cepat loadingnya daripada IE versi terdahulu.

    Bagaimana dengan kamu (khususnya pengguna Firefox), apakah nantinya tetap akan menggunakan Firefox atau berpindah ke browser lain?
     
  2. Jazz

    Jazz Super Moderatór Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,731
    Walah kalau pengguna Firefox Kuota pas-pas an... 70% bakal Angkat Kaki dari Firefox... Pasti Membuang Kouta cuma-cuma... Apalagi Banner iklan Bergerak dan Lebih dari 1:tidaak1:
    .
    .
    Anyway iklan ini Bisa ga di Block pke Adblock Plus Firefox..:goodjob:
     
  3. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,659
    btw, iklannya nanti tidak terlalu mengganggu kok, hanya berupa tile seperti speed dial di halaman New Tab namun diberi tanda khusus (bukan banner, iklan video, pop-up, dll). :cool:

    Untuk Adblock Plus ane belum tahu, (hanya kemungkinan) tidak dapat di-block karena iklannya (mungkin) random dari para pengiklan.
     
  4. Jazz

    Jazz Super Moderatór Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,731
    Mengutip dari kata-kata ini.... Sepertinya tiles itu Sudah byk diikuti ya...:ketawa:
     
  5. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,659
    Iya, sepertinya banyak kompetitor lain yang sudah mulai meniru desain/bahasa khas yang ada di Modern/Metro UI-nya Microsoft untuk digunakan pada software/aplikasi buatannya (contoh; Foxit Reader, PDF reader yang sekarang menggunakan tampilan Metro UI ala Office 2013). :cool:
     
  6. Jazz

    Jazz Super Moderatór Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,731
    Soal curi-mencuri ide Sepertinya itu Sudah biasa ya... Seperti ide iOS Apple Di Curi Android.. dan masih byk lagi
    .
    Kuharap Microsoft bisa Bertahan Di Market Share sebagai Top Seller....Meski byk Ide-idenya yg di Curi...:goodjob:
     
  7. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,032
    Meskipun penggunanya masih sangat banyak, tp market share Firefox memang terus turun secara perlahan. Sayangnya advertising memang menjadi salah satu jalan (bahkan jd jalan terbaik) utk memperoleh pendapatan dari memberikan produk/layanan yang diberikan secara gratis.

    Bagi publisher/developer, advertising ini semacam buah simalakama. Dipasang banyak..usernya pergi, dipasang dikit..dana pengembangan + pendapatan kurang, g dipasang..pengembangannya malah terhenti.

    Satu2nya strategi yang pas utk produk/layanan gratis adalah dengan memperbanyak jumlah user. Mencari user sebanyak2nya, sehingga dengan menampilkan iklan (advertising) seminim2nya tetap bisa mendapatkan dana pengembangan yang cukup utk kelanjutannya.

    Jd tidak heran jika jumlah iklan Firefox akan ditambahkan ketika jumlah penggunanya turun. Karena kl tidak demikian, dana pengembangan Firefox akan terus berukurang dan malah akan membuatnya semakin redup. Mungkin Opera sudah lebih dulu mengalaminya, hingga sekarang jumlah penggunanya bs dibilang semakin habis ^^
     
  8. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,659
    Kalo Opera sih yang ane manfaatkan cuma fitur Off-road mode nya aja, bisa menjadi solusi saat internet lagi lambat & bisa membuka situs-situs yang diblokir :goodjob: :ketawa:

    Tapi kalo Chrome, browser itu bisa ane katakan "boros traffic internet".
    Mengapa demikian? Karena browser itu bisa "menyedot bandwidth" secara diam-diam bahkan ketika tidak dijalankan sekalipun (entah karena update atau apa), tapi yang jelas itu cukup menyebalkan bagi user berkoneksi internet lambat ataupun menggunakan internet cepat namun dibatasi oleh FUP/kuota.

    Kalo IE, (terkadang) masih terdapat "hang" saat membuka halaman web walaupun udah update ke IE 11. Maklum udah terbiasa pake Firefox/Chrome/Opera. :ketawa:
     
  9. mabaega

    mabaega Well-Known Member

    Joined:
    Nov 9, 2013
    Messages:
    2,735
    IE yang baru diatas V8. sering lag, jika membuka website dengan technologi lama. Perusahaan besar,seperti bank, tidak mau menyarankan pengguna untuk menggunakan IE karena masalah kompabilitas ini.
    Itulah salah satu alasan kenapa Microsoft mengeluarkan Entrprisse Mode.
    :kagum:
     
  10. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,659
    Loading web IE 11 sih sudah cepat & mirip dengan Firefox/Chrome, kadang buka situs MIcrosoft sendiri aja masih "not responding" :ketawa:
     

Share This Page