1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share Penyebab BIOS Corrupt Dan Solusinya

Discussion in 'General' started by Rifqy Yudistira X RPL 1, Feb 7, 2016.

  1. Rifqy Yudistira X RPL 1

    Rifqy Yudistira X RPL 1 Member

    Joined:
    Dec 18, 2015
    Messages:
    151
    Assalamualaikum wr.wb.

    Selamat siang agan² semua, kali ini ane mau sharing tentang penyebab BIOS Corrupt dan Solusinya. Ini berdasarkan pengalaman ane menggunakan laptop HP, pas ane nyalain laptopnya, tiba² layar gak nyala dan kemudian muncul BIOS Recovery yang artinya kalo BIOS laptop ane mengalami corrupt. Nah, penyebab dari BIOS Corrupt tersebut yaitu:

    1. Memasang Driver Dari Sumber Tidak Dikenal
    2. Fitur Secure Boot di nonaktifkan (Untuk BIOS UEFI)
    3. Memasang software yang tidak aman

    Kalo untuk saya, No. 1 adalah penyebab BIOS laptop saya corrupt, karena sebelumnya saya mengunduh dan menginstal driver mod, setelah beberapa jam, laptop ane bermasalah dan BIOS laptopnya corrupt karena terkena malware dari driver tersebut. Namun, karena laptop saya memiliki fitur AutoBIOS Recovery jadi BIOSnya bisa diperbaiki :D Lalu bagaimana supaya BIOS laptop kita tidak corrupt.

    1. Pastikan agan mendownload Driver dari sumber terpecaya, hal ini bertujuan supaya laptop agan aman dari serangan malware.
    2. Aktifkan Secure Boot di BIOS, terutama bagi agan yang menggunakan BIOS UEFI, untuk mencegah software berbahaya berjalan ketika proses booting.
    3. Nonaktifkan fitur Virtualization Processor, kalo misalnya agan jarang menggunakan software virtual OS semacam VirtualBox, lebih baik agan matikan saja. Bahkan, produsen laptop seperti HP merekomendasikan fitur ini sebaiknya dinonaktifkan.
    4. Pasang Software dari sumber terpecaya, pastinya agan gak mau kan laptopnya kena malware gara² asal download dari sumber tidak jelas.

    Sekian dari saya, terima kasih :D
     
    Last edited: Feb 9, 2016
  2. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,234
    untuk permasalahan lainnya karena bisa jadi BIOS yang di update gagal. kebanyakan orang berusaha ingin update BIOS karena ingin menampilkan beberapa fitur yang pada versi sebelumnya tidak ada atau belum berfungsi maksimal.
    yang lainnya karena memang sesuai kata agan yaitu penginstalan driver yang bukan dari sumber aslinya yang rawan malware dan rawan telah di injeksi juga update BIOS sehingga saat instal berhasil namun update BIOS gagal, maka saat boot BIOS akan mengalami bootloop sehingga butuh di recovery.

    untuk yang update BIOS ane pernah ngalamin. tapi untungnya ada fungsi Recovery BIOS jadi ane bisa tenang :v
     
  3. Rifqy Yudistira X RPL 1

    Rifqy Yudistira X RPL 1 Member

    Joined:
    Dec 18, 2015
    Messages:
    151
    Betul gan, emang kalo update BIOSnya gagal, BIOSnya jadi corrupt dan harus direcovery segera :D
     

Share This Page