1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Solved Perbedaan Installer dan Recovery Disc Windows

Discussion in 'Windows 10' started by Irvan Rinaldo, Jun 14, 2016.

  1. Irvan Rinaldo

    Irvan Rinaldo New Member

    Joined:
    Jun 14, 2016
    Messages:
    6
    Halo suhu, ane member baru nih diforum ini. Punya beberapa pertanyaan terkait Windows. Mohon bimbingannya ya suhu. *ciumtangan*

    1. Apakah Installer dan Recovery Dics Windows berbeda? Jika ya, mohon jelaskan secara umum letak perbedaannya.
    2. Bila tidak memiliki Recovery Dics apakah dapat menggunakan Installer Disc untuk melakukan repairment/perbaikan pada Windows kita yang rusak?
    3. Bila diurutkan dari tingkat tertinggi ke tingkat terendah berdasarkan fungsinya, apakah betul Installer disc memiliki lebih banyak fungsi dibandingkan dengan Recovery disc?
    4. Bagaimana membuat recovery disc pada windows 10?
    5. Saya memiliki Windows 10 Professional 64bit Original, bila suatu saat Windows saya bermasalah dan perlu recovery, apakah serial number/ key yang sudah saya pasang akan terhapus?
    6. Apakah ada Recovery Disc untuk Microsoft Office?
    7. Saya juga memiliki Microsoft Office Professional Plus 2016 Original, bila suatu saat Microsoft Office (aplikasi bukan file dokumen) saya rusak bagaimana cara memperbaikinya? apakah dapat dilakukan dengan menggunakan Installer Disc atau perlu menggunakan Recovery Disc?

    Sekian pertanyaan saya terkait recovery dan installer dics suhu-suhu semua. Sebelumnya terima kasih banyak. Mohon bantuannyaaa. :)
     
    Last edited: Jun 14, 2016
  2. Irvan Rinaldo

    Irvan Rinaldo New Member

    Joined:
    Jun 14, 2016
    Messages:
    6
  3. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,546
    saya jawab setau saya saja ya. semoga membantu :)

    Secara pengertian dan hasilnya berbeda.
    Installer : Sebuah kumpulan file yang dieksekusi secara bersamaan dengan menggunakan satu komando (dalam Windows .exe). Dalam artian dia di instal dari awal.
    Recovery Disk : Kumpulan hasil installer yang (biasanya) dipecah dalam beberapa keping disc hasil backup terakhir OS tersebut. Termasuk aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya. Untuk lisensi sendiri saya tidak tahu apakah termasuk dalam back-up atau tidak.

    Jika dalam Installer tersebut terdapat file untuk melakukan repair, bisa. Untuk Windows 7 keatas biasanya sudah termasuk. Berbeda dengan Windows XP kebawah yang ada Installer untuk repair only atau installer only atau keduanya.

    Sama seperti penjelasan nomor 1. Dalam Installer tersebut kita bisa menghidupkan/mematikan fitur yang dibutuhkan atau tidak. Pada Recovery Disc dia hanya "mengembalikan" pada posisi terakhir di backup. Dan biasanya OEM menyimpannya pada posisi Clean Install dengan beberapa aplikasi yang memang masuk dalam list pembelian produk mereka (seperti Antivirus McAfee contohnya)

    karena belum pernah coba menggunakan recovery disc, jadi saya ga bisa jelasin lebih detail. Kamu bisa cari di beberapa forum mengenai cara membuat Recovery Disc.

    Seingat saya untuk license key dia tertanam di BIOS/Microsoft Account. Jadi setelah Online, dia akan teraktivasi. Tapi untuk jaga-jaga, simpan bukti pembelian yang sah+serial number yang ada. Jadi ketika ada kegagalan saat aktivasi, kamu bisa langsung hubungi Microsoft Indonesia untuk meminta bantuan.

    Saya tidak begitu tau untuk ini. Hanya installernya saja yang tau. Untuk Office lebih baik simpan Serial Numbernya.

    Untuk merepair bisa gunakan DVD Installer Office yang sama. Dengan catatan tidak ada yang corrupt.
     
    • Like Like x 1
  4. Irvan Rinaldo

    Irvan Rinaldo New Member

    Joined:
    Jun 14, 2016
    Messages:
    6
    Terima kasih suhu Rizal Akbar atas pencerahannya. Setelah itu semua terjawab ada beberapa pertanyaan teknis yang muncul dalam benak saya.

    1. Bila saya bekerja pada Lembaga Pendidikan (mis. Sekolah Menengah Kejuruan) yang memiliki sedikitnya 100 unit PC dengan spesifikasi hardware dan aplikasi yang tertanam sama persis (New PC, baru Install) dan berkeinginan untuk membuat Recovery disc. Apakah saya harus membuat Recovery disc untuk masing-masing PC atau cukup hanya dengan membuat satu buah Recovery disc untuk dipakai oleh seluruh PC di Lembaga saya (dengan spesifikasi hardware identik)?

    Mengingat banyaknya perangkat yang kami miliki, akan lebih mudah dengan hanya membuat satu buah Recovery dics yang dapat digunakan oleh seluruh perangkat. Mohon pencerahannya suhu. *ciumtangan*

    Sekali lagi terima kasih banyak sebelumnya.
     
  5. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,546
    Recovery Disc cukup 1 saja. Namun, kamu harus menjaga Disc tersebut dari kecacatan apapun karena ketika melakukan restore from recovery dan salah satu disc mengalami rusak, maka kamu harus mengulang lagi backup-nya.
    Lebih baik lakukan backup sebelum menginstal driver agar lebih mudah saat melakukan restore dengan jenis motherboard yang berbeda. Jadi saat melakukan restore dengan motherboard/manufaktur yang berbeda, hanya tinggal menginstal driver saja.
     
  6. Irvan Rinaldo

    Irvan Rinaldo New Member

    Joined:
    Jun 14, 2016
    Messages:
    6
    Terima kasih suhu Rizal, sangat mencerahkan. Namun masih ada pertanyaan yang mengganjal mengenai keingintahuan saya.

    1. Apakah system image file sama dengan image file yang dibuat dengan menggunakan Norton Ghost, Acronis, HDDClone dll?
    2. Bila saya sudah melakukan instalasi pada sebuah PC (OS, Office, Device Driver, dan program lain yang dibutuhkan) kemudian membuat sebuah partisi tertentu yang berisikan system image file yang kemudian saya hide partisi tersebut, setelah itu saya buat system repair disc pada sebuah CD. Langkah selanjutnya yang akan saya lakukan adalah membuat image clone dari PC tersebut dan melakukan instalasi pada perangkat-perangkat selanjutnya sebanyak 99 unit. Pertanyaan saya, apakah image clone dapat membuat seluruh PC berfungsi dengan baik termasuk fungsi system image yang tersimpan dalam sebuah partisi yang sudah dibuat sebelumnya? Mengingat ini dilakukan dengan cara cloning, bukan dengan cara manual.

    Note:
    Image clone dibuat dengan Acronis True Image 2016
     
  7. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,546
    jangan panggil suhu ah. saya bukan suhu yo *plak*

    Isinya sama, namun cara pengeksekusiannya mungkin berbeda. Apalagi kalo membuat system disc image kemungkinan membutuhkan aplikasi tersebut baru bisa mengeksekusinya. CMIIW

    Seingat saya untuk melakukan system repair disc tidak ada sangkut pautnya dengan partisi lain. kecuali kalo kamu melakukan backup HDD, bukan partisi.
    Saya sudah pernah mencoba dengan aplikasi Acronis. Semua berjalan lancar. Karena yang di backup keseluruhan termasuk juga system file aplikasi yang ada pada partisi tersebut.
    Sekedar saran, jika akan melakukan cloning atau system repair disc dan akan diaplikasikan ke komputer lain, disarankan untuk dibuat partisi dengan kapasitas lebih besar pada partisi C.
     
  8. Anurul

    Anurul Member

    Joined:
    Apr 12, 2016
    Messages:
    123
    Pilih yang lebih cepet selesainya saja dan lakukan jangan panjang angan angan,
     
    Last edited: Jun 15, 2016
  9. akhyar41

    akhyar41 Member

    Joined:
    Mar 3, 2016
    Messages:
    81
    setahu ane recovery image,
    nah recovery image tu recovery yang di buat oleh user yang data nya telah di pilih (contoh data C dan data D) dan di satukan menjadi satu yang berbentuk image (.iso).
    sehingga data yang akan backup mempunyai ukuran lebih besar dari data C dan partisi yang telah di pilih tadi.
    akan tetapi data .iso tadi sebaiknya di simpan di penyimpanan exsternal agar apabila HDD / SSD mengalami bad sector atau data hilang:stress:
    ,kita hanya perlu masuk windows yang persis seperti sebelumnya baik tu 64bit atau86/32bit, dan bisa juga apabila windows yang ada di dalam penyimpanan internal, dan bisa juga windows (bootable) dan pilih (recovery image) dan setelah usai proses tada..... , data yang telah di pilih tadi persis seperti pada saat kita buat
    :gila:
    udah pernah coba ane, sekarang waktunya berbagi......
    :hihi::yeah:

    sekalian @ lost saga ane ya gan "Allakhyarlxlb"
     
    Last edited: Jun 15, 2016
    • Setuju Setuju x 1
  10. khoirul umar

    khoirul umar Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    134
    Kalau recovery disk untuk lisensi tetap aktif gan..saya sudah coba recovery win 7 butuh 5 dvd untuk recovery, dan tetap aktiv jika buat inul..
     
    • Informatif Informatif x 1
  11. azlvda

    azlvda Member

    Joined:
    Apr 3, 2014
    Messages:
    514
    bukan.
    license tetap aktif bukan karena recovery disknya
    tapi windows 7 nya
    karena sampai dengan windows 7 masih bisa aktivasi offline (SLIC 2.1 + certificate + OEM:SLP)
    baru windows 8 ke atas tidak lagi menggunkan aktivasi offline
     
    • Like Like x 1
    • Informatif Informatif x 1
  12. Irvan Rinaldo

    Irvan Rinaldo New Member

    Joined:
    Jun 14, 2016
    Messages:
    6
    Siap, terima kasih banyak bantuannya Guru, ane jadi lebih paham sekarang. Terima kasih banyak. *ciumtangan*

    Terima kasih banyak semua saran dan informasi nya Guru-Guru semuanya, sangat membantu melakukan instalasi pada sekian ribu unit. Terima kasih banyak. *ciumtangan*
     
  13. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,546
    plis jangan panggil saya guru. saya bukan guru ._.
     
  14. Irvan Rinaldo

    Irvan Rinaldo New Member

    Joined:
    Jun 14, 2016
    Messages:
    6
    Siap gan. Oya, berhubung ane member baru di forum ini dan lagi belajar Microsoft Access 2016 adakah saran dari agan dimana tempat belajar Microsoft Access?
     
  15. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,546
    bagusnya sih cari tempat kursus gitu. atau kalo mau otodidak, cari banyak referensi juga. gapapa referensinya yang 2010 atau 2013. setidaknya ada bayangan Microsoft Access 2016 itu kayak gimana :)
     

Share This Page