1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

RAM hampir penuh, padahal tidak ada process yg berjalan

Discussion in 'Windows 8' started by glenn91, Dec 3, 2014.

  1. glenn91

    glenn91 New Member

    Joined:
    Oct 29, 2013
    Messages:
    17
    Selamat malam semua user winpoin yang bersedia mampir ke thread ini :)

    Kenapa ya belakangan ini laptop saya saat pertama kali startup saja dan tidak menjalankan aplikasi apa2, memory nya langsung penuh.. ketika di restart lagi baru kembali normal.
    Berikut saya sertakan screenshot jumlah pemakaian ram dan kapasitas serta process apa saja yang berjalan.. padahal kalau diperhatikan dan ditotal-total, jumlah memory yang digunakan oleh process tersebut sedikit (Gambar 1) harusnya memori tidak terpakai sebanyak seperti yang tertera (Gambar 2)
    Terima kasih

    GAMBAR 1
    [​IMG]

    GAMBAR 2
    [​IMG]
     
  2. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata Saya Ganteng Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,592
    Faktor pertama Anti Virusmu berat itu.
    Coba kamu pake antivirus Windows Defender, Gratis, Update Setiap Hari, Gak repot lagi.

    Faktor kedua karena pakai google chrome.
    Mungkin google chromemu banyak plugins yang terpasang atau load webpage sudah terlalu banyak dan diwajibkan untuk refresh contohnya seperti halaman web yang diupdate secara realtime seperti facebook, twitter, atau youtube.

    Faktor ketiga.
    Bisa jadi kecepatan processor kecil jadi yang kena imbasnya adalah RAM dan mungkin saja services background terlalu banyak yang bekerja dan bisa menyebabkan hal ini bisa terjadi.

    Faktor keempat.
    jika dari ketiga faktor itu menurut kamu tidak terjadi pada PC atau laptop saya berarti jawaban dianggap salah :ketawa:.
     
  3. Wayan Suardhika

    Wayan Suardhika Member

    Joined:
    Oct 5, 2014
    Messages:
    303
    item startupya sudah di disable semua? :bingung:
    mungkin itu salah satu penyebabnya
     
  4. me_shafardi

    me_shafardi Member

    Joined:
    Jun 29, 2014
    Messages:
    61
    Wow, itu Memory usagenya si antivirus tinggi banget. Atau jangan2 2 antivirus hidup disitu?

    Kan di Windows 8/8.1 udah ada antivirus bawaannya, mungkin boleh dicoba
     
  5. glenn91

    glenn91 New Member

    Joined:
    Oct 29, 2013
    Messages:
    17
    Kalau masalah antivirus berat, coba lihat perbandingan antivirus yang sama yg saya gunakan di laptop saya 1 lagi dengan spesifikasi lebih rendah.. Pada post pertama itu spesifikasinya sudah core i5, 4GB DDR3, post ini AMD Turion Dual Core, 3GB DDR2. Tetapi pada post kedua ini jumlah pemakaian resource dan sisa RAM yang ada SESUAI
    Yang jadi masalah itu sisa RAM yang hilang entah kemana dengan jumlah penggunaan process hanya seperti itu

    Memory Usage antivirus itu hanya 100MB, hanya 2,5% yang terpakai dari 4GB
    Untuk antivirus bawaan saya kurang suka, karena untuk fitur yang diberikan dan fungsi keamanan nya kurang meyakinkan

    NOTE : Seperti sudah saya jelaskan sebelumnya, Masalah yang sama terjadi ketika pertama kali startup dan sebelum membuka aplikasi apapun

    [​IMG]
    [hr]
    Apa gak berlebihan sampai harus disable semua startup? Saya jadi harus mulai aplikasi dengan manual satu persatu?
    Startup hanya system aplikasi yang penting-penting saja koq seperti antivirus, driver audio
     
  6. addy01

    addy01 Member

    Joined:
    May 27, 2014
    Messages:
    203
    itu dalam perbandingan, apa Windows yg kamu pake versinya sama om ?? dan program-program yg ter-instal di laptop 1 & 2 sama ? Coba kamu matikan tu sementara si BItdefender, Efeknya gimana ? dan coba Antivirus lain gimana efeknya ? setau aku Bitedenfer tu gila gilaan beratnya, kadang program di laptop ini ringan dilaptop lain berat entahlah apa penyebab pastinya cuma yg aku liat begitu.
    dan OS,program,bios,driver apa suda Uptodate ?
     
  7. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata Saya Ganteng Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,592
    Core i5 gak selamanya bagus punya temen saya saja lemotnya luar biasa padahal belum buka apa-apa, back to topic Anti Virus memang software paling penting tapi bukannya tidak salah antivirus menjadi penyebab laptop menjadi lemot coba lihat perbandingannya antivirus milik microsoft sama bitdefender dalam segi penggunaan memori.

    [attachment=4959]

    Cuma beberapa mb daripada bitdefender yang kamu gunakan malah di postingan kedua memory yang digunakan 173MB, nah sekarang saya gak ngeributin masalah antivirus tapi gimana kok bisa RAM itu penuh. sekarang kamu coba buka services.msc disitu ada sederetan list service yang berjalan di belakang layar, kalau misalnya ada program berat yang kamu anggap itu tidak penting (Tidak termasuk services dari microsoft) coba kamu matikan automatic startnya di "msconfig" bagian tab service lalu centang hide all microsoft service. Startup juga perlu diatur kalau di windows 8 sudah ada di task managernya jadi tinggal klik disable untuk startup yang gak berguna.
     

    Attached Files:

    • ss5.jpg
      ss5.jpg
      File size:
      202.5 KB
      Views:
      1,676
  8. glenn91

    glenn91 New Member

    Joined:
    Oct 29, 2013
    Messages:
    17
    Pada laptop yg terjadi masalah itu menggunakan Windows 8 OEM, yg satunya menggunakan Windows 8.1. Aplikasi yg terinstall sudah pasti beda sih, karena yg OEM itu kan sudah include system application bawaan manufacturer
    Ohh begitu ya, habis kalau dinalar pake logika aj rasanya janggal sih
    Usage 100Mb, 4GB RAM DDR3, 83% pemakaian : Usage 170 Mb, 3GB RAM DDR2, 47% pemakaian

    Sebelumnya pakai norton, kalau dibandingkan malah yg norton ini beratnya minta ampun dibanding bit defender, impact ke startup besar sekali, startup lain sudah terbuka saja si norton ini masih proses loading

    Untuk OS dan driver up to date, untuk Bios apa pengaruh jg sampai kesana?

    Saya coba dulu disable bitdefender nya
     
  9. glenn91

    glenn91 New Member

    Joined:
    Oct 29, 2013
    Messages:
    17
    Saya pake core i5 gen 3 ( IvyBridge ) mas, awal-awalnya mau startup berjubel pun ga ada masalah. Saya ga sadar kapan persisnya masalah RAM penuh ini muncul, apakah setelah install bit defender atau aplikasi lain..
    Memang sudah pasti alokasi memori antivirus microsoft jauh lebih ringan, karena fitur yg diberikan jg standar.. saya suka BD ini karena ada link scanner, web scanner serta fitur anti theft nya hehe

    Untuk disable startup sudah saya lakukan sebelum saya post disini, jadi hanya beberapa aj item startup nya

    Hmm, mungkin gak ya kalau masalahnya ada di hardware fisik RAM tersebut ? mungkin sudah mulai rusak atau gimana.. mengingat setelah laptop di restart masalahnya hilang.. dari 83% yang sebelumnya terpakai, hanya menjadi 43% setelah di restart (kondisi sama belum memulai aktifitas apapun)
     
  10. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,029
    Kalau mau penjelasan proses apa saja yang memakan memory dengan lebih detail, km bisa cek menggunakan Process Utilities. Dengan tools tersebut km bs melacak lebih detail tentang process apa saja yang memakan memory. Utk task manager dia terlalu simple dan digerenalisasikan, kurang cocok utk troubleshooting.

    kl menurutku ini sebabnya bisa beberapa:

    1. Adanya malware.

    Punya antivirus gak menjamin bebas malware loh, dan terkadang malware melakukan request process berulang hingga resource PC (termasuk RAM) jadi penuh tanpa terdeteksi proses apa yang menggunakannya.

    Solusinya update antivirus km lalu lakukan full scan, kl blm ketemu disable bit defender dan update windows defender lalu lakukan full scan. Jika tidak ada mungkin malware bukan jd penyebabnya, km bisa disable windows defender lagi dan mengaktifkan bit defender nya lagi.

    Terkadang penggunaan RAM / CPU tinggi juga bs karena kita terinfeksi malware yang menjadikan komputer kita sebagai botnet yang aktif. Ketika aktif sebagai jaringan botnet, resource bs terpakai banyak.

    2. Hardware fisik memory

    Terkadang memory yang udah mulai rusak bisa menyebabkan masalah aneh2. Dari pengalamanku sih masalah yang paling sering terjadi adalah sering restart, tp tidak menutup kemungkinan bs menyebabkan masalah seperti ini.

    Solusinya adalah coba kalau ada memory dari PC laen dipake dulu..apakah masalah tetep timbul atau tidak. Kalau tidak timbul berarti fisik memory nya mungkin waktunya ganti, tp kalau tidak timbul berarti memory baik2 saja..hanya masalah sistem

    Tp dari cerita kamu yang setelah restart dia tidak lagi penuh (bisa kembali normal), aku ragu bahwa permasalahan ini disebabkan fisik memory. Kalau seperti itu mungkin masalah sistem saja.

    3. Update Windows

    Apa OS yang km pake di PC yang memory nya penuh ini?
    Lakukan update Windows. Seringkali bugs atau masalah seperti ini bisa selesai dengan mengupdate Windows

    4. Update Driver

    Driver yang paling sering bikin problem macam gini. Ketika dia crash dengan sistem Windows maka hal2 aneh seperti not responding, penggunaan CPU tinggi, RAM tinggi , dsb bs terjadi. Update seluruh driver di PC km ke versi yang paling baru utk OS tersebut dan lihat hasilnya.

    Utk Windows Defender dia otomatis ngalah kog kl ada antivirus third party
    jadi dengan menginstall bitdefender maka windows defendernya otomatis non-aktif
    jd dual antivirus menurutku bukan masalah

    Lalu apa yang terjadi setelah proses startup berlangsung, katakanlah 15 menit setelah startup? Apakah penggunaan RAM kembali normal?

    OS dan Driver yang up to date sangat pengaruh, pengaruh banget malah
    Tp utk BIOS pengaruhnya kecil menurutku, bahkan bs juga diabaikan

    kl habis direstart kondisi balik normal, aku malah ragu dan memprediksi bukan masalah hardware
    kl masalah hardware biasanya konstan.,,mau habis restart atau di tengah2 penggunaan dia muncul terus
     
  11. Adi Nugroho Tj

    Adi Nugroho Tj Member

    Joined:
    Nov 19, 2014
    Messages:
    36
    Pertamanya gw kira Task Manager kagak mendeteksi Used Memory dari proses anakan... tapi ternyata sudah mencakup ...

    Saran dari bang Feb bisa dicoba tuh... Gunakan 'task manager' 3rd party. Gw pribadi suka sama UnhackMe sama Process Hacker 2.
    Coba cek sapa tau ada proses yang hidden gak kedetek gara-gara API Windowsnya dibajak... (kek kasus Conficker)
     
  12. Wayan Suardhika

    Wayan Suardhika Member

    Joined:
    Oct 5, 2014
    Messages:
    303
    bukan berlebihan sih.
    kalau aku, aku sudah disable itu semua startup,
    walaupun itu driver audio sekalipun. antivirus juga aku disable di startup sama driver vga'ku. dan hasilnya, mereka tetap ada di background task tanpa mengganggu memori ram sama sekali, dan performanya biasa biasa saja. item startup itu mempengaruhi lemot tidaknya sebuah pc :ketawa:
     
  13. glenn91

    glenn91 New Member

    Joined:
    Oct 29, 2013
    Messages:
    17
    Ternyata sama aj nih gan, setelah beberapa hari aku amati.. Masalah benar bukan di BitDefender nya, soalnya ku install di laptop jadul aj tanpa lag. Ini udah kuganti AVG juga tetap ada masalahnya, pertama kali startup sudah makan ram 3GB
    Kenapa ya ini aneh bgt, terjadinya juga ga setiap saat -_-

    [​IMG]

    Ini screenshot yg ane ambil dari ProcessHacker
    [​IMG]
     
  14. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata Saya Ganteng Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,592
    hmmm ada bluestack ?
     
  15. muhammadrizqi

    muhammadrizqi New Member

    Joined:
    Nov 10, 2014
    Messages:
    16
    mungkin anda harus harus menghilang kan bluestack nya atau uninstal bluestack nya
     
  16. glenn91

    glenn91 New Member

    Joined:
    Oct 29, 2013
    Messages:
    17
    Iya ada bluestack. memangnya kenapa ya? Udah lama banget diinstall nya, ga ada masalah sih selama awal install. Malah ini bluestack nya jadi tiba-tiba ga bisa dibuka udah lama ga dipake hahaha
    :woa:
     
  17. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,373
    Ya... Seakan akan task manager salah mendeteksi ram yg digunakan nya, padahal seharusnya cuma 10-20an danggap 85an...
    Solusi:
    -kemungkinan ada virus, update anti virus dan scan hardisk di safe mode, termasuk regiatry nya..
    -cache penuh, coba hapus cache pada ram menggunakan tools
     
  18. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata Saya Ganteng Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,592
    Ya mungkin harus di uninstall bluestacknya, saya juga pernah pake bluestack. dimana aja mau di PC atau Laptop itu aplikasi yang bikin RAM 4GB selalu penuh.
     
  19. glenn91

    glenn91 New Member

    Joined:
    Oct 29, 2013
    Messages:
    17
    Terima kasih sarannya mas. Tapi udah aku coba uninstall ternyata masih sama aj, sehabis buka aplikasi misalnya, ketika aplikasi ditutup memory nya tidak kembali ke semula seperti sebelum aplikasi dibuka.
    Akhirnya saya putuskan untuk merefresh kembali laptop
     
  20. aprijal.psrb

    aprijal.psrb New Member

    Joined:
    Dec 9, 2014
    Messages:
    29
    Bluestack memang banyak menggunakan RAM :ketawa:

    Coba disable Service Bluestasck-nya, kalo masih belum bisa disable semua Service Non Microsoft dari Task Manager :peace:
     

Share This Page