1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share REVIEW Asus VivoBook E14 E402WA, performa bagus tapi...

Discussion in 'General' started by Ricky Yohanes, Nov 22, 2018.

  1. Ricky Yohanes

    Ricky Yohanes Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2015
    Messages:
    1,489
    Sangat disayangkan, laptop Lenovo V110 saya harus wafat karena LCD-nya rusak (bisa disambungkan ke HDMI tapi) dan karena laptop itu cukup krusial, maka kemarin dengan keyakinan penuh, saya menggunakan PC dengan prosessor AMD. Ini baru pertama kali saya menggunakan prosessor AMD sebagai daily driver saya, karena saya semenjak kecil hingga sebelum laptop ini dipakai, saya selalu memakai PC dengan prosessor Intel. Seperti biasa, ada senang dan susah untuk menggunakan laptop ini.

    > Pertama kali disambut dengan Windows Pre-Installed yang mungkin agak cacat.
    2 dan 3 kali pertama kali menghidupkan laptop ini memutuhkan waktu booting yang sangat - sangat lama. Setelah sering di reboot beberapa kali, baru akhirnya bootingnya lumayan cepat.

    > Masih menggunakan AMD generasi ke 7
    Prosessor yang cukup lawas dibandingkan dengan Intel Celeron N3350 karena E2-6110 dikeluarkan pada pertengahan 2014, sedangkan N3350 dikeluarkan pada pertengahan 2016.

    > DDR3 atau DDR3L
    Masih berkaitan dengan penggunaan prosessor AMD yang cukup lawas, RAM masih menggunakan model DDR3. Sangat beruntung RAM bisa di upgrade hingga 8 GB.

    > Laptop fanless dengan prosessor AMD = suhu tinggi
    AMD E2-6110 Quad Core memang memliki performa cukup responsif, bahkan 41% lebih cepat daripada E2-9000C, tetapi masih bisa dibilang boros daya meskipun TDP-nya hanya 15W. Pada saat pertama kali pakai, suhu bisa tembus hingga 80 derajat!!!

    > Bloatwarenya dikit nih
    Biasanya laptop ASUS punya bloatware yang banyak, tapi ini bloatwarenya tidak terlalu banyak kok.

    > Touchpad dan keyboard benar - benar ciamik, speakernya juga.
    Laptop ini dikhususkan untuk kebutuhan produktivitas, touchpad dan keyboard benar - benar nyaman untuk dipakai.

    > Daya tahan baterai hanya 3 jam
    Karena AMD masih boros daya, maka daya tahan baterainya pun tidak terlalu memuaskan.

    Jadi bagaimana kesimpulannya, apakah saya menyesal beli laptop ini?
    Sama sekali tidak. Dengan saya memilih VivoBook E-Series yang tertinggi, saya bisa mendapatkan performa yang sangat memuaskan, dibandingkan dengan laptop saya sebelumnya, Lenovo. Jika dibandingkan dengan Intel Celeron N4000, AMD E2 masih menang dari segi performa.

    Sekian dan terima kasih. Silahkan berkomentar.
     
    Last edited: Nov 22, 2018

Share This Page