1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share Rollback dan Upgrade kembali? Hanya 1x update pada Windows 10 Mobile

Discussion in 'Windows Phone' started by Rizal Faisal Akbar, Dec 19, 2016.

  1. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,546
    Halo semua. Hari ini saya mau share apa yang sudah saya lakukan pada Microsoft Lumia 535 DS saya. Yaitu, rollback ke Windows Phone 8.1. Kenapa saya lakukan? Karena beberapa aplikasi mengalami error di build 14977.1000 :

    1. Windows Camera : saat menggunakan autofocus, hasil jepretan gelap dan jadi tidak fokus. Manual fokus hasil normal
    2. LINE : saat melakukan video call, saya ga bisa lihat lawan bicara tapi lawan bicara bisa lihat saya dengan jelas.
    3. Saat menerima notifikasi/menyalakan smartphone, hanya blank saja. Tapi untuk navigasi normal (artinya kalo buka lockscreen masih bisa) Di proyeksikan ke Project My Screen pun normal. Hanya reboot yang bisa mengembalikan ke semula.

    Dari beberapa bug terparah ini, saya memutuskan untuk rollback dulu ke Windows Phone 8.1 dan upgrade ke build Official karena berhubung Dona Sharkar mengatakan sampai liburan tahun baru tidak ada update build untuk Insider Fast Ring. Setidaknya bisa mengistirahatkan dulu sejenak di dunia Fast Ring. Dan setidaknya bisa fokus untuk mencoba build official sebelum build untuk Insider Fast Ring kembali dimulai.

    Catatan : Diusahakan sisa baterai ada diatas 40% selama proses upgrade dan update. Karena saat lakukan instalasi build, jika berada dibawah 40% tidak akan bisa proses.

    Rollback ke WP8.1
    Sayangnya saya tidak punya dokumentasi saat rollback. Namun, ada sedikit kronologi yang mungkin buat orang awam akan ketakutan. GAGAL FLASH!
    Ya. ini adalah suatu kronologi yang sebagian orang akan mengatakan "yah hpku udah ga bisa dipake lagi gara-gara stuck di boot". Tapi, dengan sedikit kesabaran dan ketelitian, maka error apapun saat melakukan flashing akan teratasi.
    Intinya, yang harus disiapkan untuk rollback adalah :
    1. Aplikasi Windows Device Recovery Tools - ini jelas alat perang pertama
    2. Koneksi internet yang baik - ini sangat diperlukan untuk mengunduh firmware hp kamu (NB : jika sudah memiliki sebelumnya, biasanya hanya verifikasi saja atau update firmware yang ada)
    3. Kabel data - pastikan kabel datanya yang benar-benar berfungsi dengan baik
    4. Yang pastinya, OS Windows dengan minimal Windows 7

    Caranya? Kamu bisa ikuti petunjuk disini untuk lebih detailnya.

    Upgrade ke Windows 10 Mobile
    Seperti ulasan yang pernah ditunjukkan oleh Winpoin di artikel ini, salah satu komponen yang harus ada sebelum kamu kembali upgrade ke Windows 10 Mobile adalah Upgrade Advisor. Cukup ikuti saja wizard yang ada, nanti setelah itu kamu akan mengaktifkan upgrade ke Windows 10 Mobile.

    Dan seperti biasa, upgrade ke Windows 10 Mobile akan membawa kamu ke build TH2 (build 10586.107) sebagai langkah pertama di Windows 10 Mobile. Saya sangat menyarankan kalian setelah upgrade selesai, baiknya langsung Hard Reset. Alasannya, jumat kemarin saya mengalami sedikit kendala terhadap beberapa kontak yang tiba-tiba menyatu tanpa saya otak-atik. Dan beberapa aplikasi tidak berfungsi dengan semestinya.
    wp_ss_20161216_0002.png


    Kemudian, setelah selesai Hard Reset, kalian bisa langsung update build official kamu langsung ke build 14393.576 tanpa harus melewati beberapa langkah update yang bisa menyita kuota internet kamu.

    wp_ss_20161216_0001.png
    wp_ss_20161216_0003.png

    Jadi yang mau nyobain build official, ga perlu khawatir berapa kali langkah update yang harus dilakukan. Saya sudah mencobanya dan hanya 1x proses update setelah upgrade ke Windows 10 Mobile dan akan diarahkan langsung ke build 14393.576.

    Sekian informasinya. Semoga bermanfaat :)
     

Share This Page