1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share SailfishOS - OS alternatif untuk smartphone (yang mungkin akan menjadi pesaing android).

Discussion in 'General' started by Jihad Maulana, Apr 7, 2018.

  1. Jihad Maulana

    Jihad Maulana New Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    25
    Duh, udah lama banget saya nggak bikin thread. Maklum, karena kesibukkan kuliah dan banyaknya tugas yang deadlinenya pendek jadi saya belum sempat untuk membuat thread lagi. Tapi saya masih baca WinPoin setiap hari sih. Hehehehe

    Nah kali ini saya mau memberikan sedikit informasi tentang OS smartphone anyar yang mungkin akan menjadi pesaing "sang dominator lini mobile" android. Yap, namanya adalah SailfishOS. Jujur saya belum tahu filosofi apa yang mereka gunakan sehingga memberikan nama OS tersebut dengan nama "Sailfish"

    Menurut situs resmi SailfishOS - https://sailfishos.org/ disebutkan bahwa Sailfish 3 (versi) ini adalah warisan dari Nokia dan MeeGo OS yang pernah diciptakan oleh Nokia dan Intel dan menelurkan produk Nokia N9. Namun ternyata Nokia yang saat itu berada dibawah kepemimpinan Elop memutuskan untuk mengakhiri MeeGo OS dan lebih memilih menggunakan Windows Phone.

    Tim MeeGo OS menolak untuk menyerah terhadap mimpi mereka dan memilih untuk menyelamatkan MeeGo OS tersebut dan membangun perusahaan baru yaitu: Jolla Ltd.

    Berikut salah satu kutipan yang saya ambil dari laman resmi SailfishOS:
    "We quickly enhanced Sailfish OS to run Android appsand it became hardware compatible with Android chipsets. In November 2013, we launched the beta version of Sailfish OS to the market with the Jolla smartphone. Shortly after this, we released Sailfish OS version 1.0 and the first Sailfish OS product, the Jolla smartphone entered 36 markets during one year."

    Bagi kamu yang penasaran dengan sosok SailfishOS ini, saya sertakan beberapa gambarnya:

    sailfishos2.0.jpg


    AndroidPIT-xperia-x-sailfish-os-124648.jpg

    Navigation_Model_events_home_PartnerSpace_apps_SailfishOS.jpg

    screenshot-20140401214241.jpg

    maxresdefault.jpg

    Bagaimana nih menurut pendapat kalian!? Kira-kira cocok nggak kalo bersaing sama Android? atau mungkin kalian ada yang berpikiran "akan di akuisisi microsoft"? Well, kalian boleh bebas berpikiran dan berpendapat :)

    Mohon maaf jika ada kesalahan, harap saran dan komentarnya.
    Terimakasih.
     

Share This Page