1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Sekilas Kesalah Pahaman Pada OS Android

Discussion in 'General' started by amdpastrana, Jun 18, 2014.

  1. amdpastrana

    amdpastrana Most Valuable Member

    Joined:
    Jul 10, 2013
    Messages:
    854
    Apa saja sih, yang sering kita salah pahami mengenai sistem operasi Android?

    [​IMG]

    Aduh, RAM gue penuh, harus kill app yang enggak perlu.
    Bukan hal baru bagi saya, mendengar ucapan tersebut dari teman-teman yang menggunakan Android. padahal membuang aplikasi yang mereka lakukan itu, sesungguhnya sia-sia. Mengapa begitu? Sistem Operasi turunan Linux punya kemampuan mengatur aplikasi yang berjalan di RAM sesuai kebutuhan, seperti memperbarui email masuk atau notifikasi aplikasi.

    Ah, Android gue boros banget.
    Begitulah hasilnya, jika Anda rajin memangkas aplikasi dan cache yang ada di RAM Android Anda.
    Anda pasti senang melihat free RAM di Android Anda tersedia banyak, padahal cara Sistem Operasi Android menggunakan RAM sangat berbeda dengan Windows.

    Bila free RAM di Windows berdampak positif ketika membuka dan menjalankan aplikasi, untuk Android malah sebaliknya. Karena saat Anda memangkas isi RAM, secara otomatis Android akan memuat kembali aplikasi yang berjalan.

    Tentunya hal ini membutuhkan daya, yang didapat dari baterai. Jadi makin sering dipangkas, semakin cepat baterai Anda kosong seperti terjun bebas. Bayangkan, jika Anda melakukan pembersihan RAM tiap menit di Android..

    Android rentan terhadap virus.

    Tak ada satu pun Sistem Operasi yang kebal terhadap virus, termasuk IOS yang menarik ucapannya setelah sistemnya berhasil ditembus virus. Sementara berdasarkan laporan, 99% virus mobile ditujukan ke Android. Namun sampai saat ini, tak ada infeksi virus dan malware yang sampai merusak ke dalam sistem

    Jika Android Anda sering mendapat iklan yang muncul pada baris notifikasi, segera hapus aplikasi yang terakhir kali dipasang. Kuat dugaan, aplikasi yang Anda pasang dari luar Google play disisipi malware. Karenanya, jangan pasang aplikasi sembarangan.

    Harus di-root.
    Masih banyak pengguna Android –meski pada level advance user– yang bergaya, tetap tak paham istilah root. Apa kegunaan dan akibatnya? Root ialah akses administrator ke dalam sistem, untuk mengubah sesuai kebutuhan kita.

    Saran saya, lakukan root jika memang benar-benar butuh. Karena besar kemungkinan Anda akan membuat kesalahan fatal terhadap sistem, yang berakibat Android mati total (brick) dan gadget Anda menjadi sekadar barang pajangan.

    Untuk menghindarinya, bacalah artikel-artikel –yang bisa dicari lewat mesin pencari Google– atau mengunjungi situs grup pengguna Android yang Anda pakai, sebelum melakukan root.

    Yang perlu diperhatikan, meski sesama Android namun bila beda perangkat kerasnya, beda pula cara melakukan root-nya. Keisengan memodifikasi Android, akan menyebabkan batalnya garansi. Jadi kalau tidak benar-benar butuh akses root, nanti saja lah.

    Let Android be Android.
    Android tidak sama dengan Windows, jangan perlakukan ponsel pintar Android layaknya Sistem Operasi Windows. Mereka bergerak dengan cara yang sangat berbeda, karenanya hanya gunakan Sistem Operasi Android untuk gadget Android..

    Menurut temen2 bagaimna dengan hal diatas, yang diungkapkan oleh beberapa temen FBku yg merupakan pengguna maniak Android?
    :sokganteng:
     
  2. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,032
    Sebagai pengguna Android sejak sekitar 3 tahun lalu, aku setuju dengan beberapa pernyataan diatas.
    Masalah free RAM misalnya, jika RAM tersebut digunakan untuk aplikasi yang berjalan secara background, maka meskipun di kill/free ram maka android akan menjalankannya kembali dan menggunakan sejumlah RAM tersebut lagi

    Untuk masalah virus / malware aku juga setuju
    Semua platform sebenarnya rentan terhadap virus / malware. Bedanya..semakin populer sebuah platform maka ia akan menjadi target dari para pembuat virus / malware.
    Sebagai OS mobile terbesar no 1 di dunia, tidak heran jika pembuat virus dan malware berlomba-lomba menyerang OS Android demi mendapatkan keuntungan. Ini artinya bukan berarti Android lemah dan iOS kuat, tetapi artinya Android lebih menarik bagi para pembuat virus dan malware untuk diserang

    Hal yang sama juga berlaku di OS desktop seperti Mac, Linux, dan Windows. Sebagai OS dengan jumlah pengguna terbesar, Windows menjadi target utama dari pembuat virus dan malware. Apakah ini artinya security Windows paling lemah diantara ketiganya? Tidak juga. Tetapi ini lebih mengartikan bahwa Windows lebih menarik bagi para pembuat virus dan malware untuk diserang
     
  3. Ssatria

    Ssatria Member

    Joined:
    Jun 1, 2014
    Messages:
    428
    ane baru tau:malu3:

    tapi klo masalah virus ane setuju , kgk ada os yg tidak rentan virus:ketawa::ketawa:
     
  4. Jazz

    Jazz Super Moderatór Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,731
    Rentan Virus = Mungkin dia Open Source
    [​IMG]
     
  5. Yusril Ibnu

    Yusril Ibnu Winpoin Staff Staff Member

    Joined:
    May 12, 2014
    Messages:
    6,351
    Harus di-root.
    ya..., menurut saya itu adalah hal yang penting malah... :cool:
     
  6. marwanto.se

    marwanto.se New Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    7,659
    Hmm.. sekarang tablet Android-ku yang dulu dipake malah rusak (matot) akibat terjatuh secara tidak sengaja.
    Sekarang udah beralih ke WP.

    Kalo masalah root, menurut saya itu diperlukan untuk menghemat internal memory serta RAM yang terpake sia-sia hanya untuk aplikasi "sampah" built-in yang ada secara default pada Android kita. :ketawa:

    Virus? Wajar sekali, tapi kalo kita berhati-hati maka itu tidak akan terjadi. :cool:
     
  7. Ssatria

    Ssatria Member

    Joined:
    Jun 1, 2014
    Messages:
    428
    sampah , built'in ini yang sangat menyusahkan:ketawa::ketawa:
     
  8. amdpastrana

    amdpastrana Most Valuable Member

    Joined:
    Jul 10, 2013
    Messages:
    854
    rata2 temen disini semua hp androidnya kebnyakan di root dengan alasan ingin ganti model font dan instal aplikasi ke memory card
    tapi untuk masalah virus, yah memang tidak ada os kebal terhadap virus

    saya tidak bisa ngomong banyak mengenai android, belum pernah punya hp atau tablet ber OS Android
     
  9. Dejiko

    Dejiko New Member

    Joined:
    Mar 21, 2014
    Messages:
    2,309
    install font segoe ui gabisa bisa nyu walaupun aku dah root nyu
     

Share This Page