1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share Spesifikasi Laptop Multimedia Untuk Aplikasi After Effect

Discussion in 'Software' started by Aceii, Mar 19, 2020.

  1. Aceii

    Aceii New Member

    Joined:
    Mar 19, 2020
    Messages:
    7

    [​IMG]

    Untuk menjalankan sebuah aplikasi editing foto dan video, tentunya dibutuhkan spesifikasi Laptop Multimedia yang cukup mumpuni. Apalagi jika Kamu ingin menjalankan aplikasi editing video Adobe After Effect, spesifikasi Laptop yang Kamu gunakan harus tinggi.

    Meski terbilang cukup rumit untuk digunakan, Aplikasi Adobe After Effect sendiri memang cukup banyak diminati oleh para pengguna. Baik untuk memberika efek-efek kedalam sebuah video yang sudah diambil sebelumnya atau untuk membuat sebuah video animasi.

    Aplikasi Adobe After Effect ini sendiri memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya sendiri. Beberapa kelebihan yang bisa Kamu dapatkan ketika menggunakan Adobe After Effect diantaranya adalah :
    • Varian Efek Yang Melimpah
    Poin kunci dari aplikasi besutan Adobe adalah tersedianya dukungan efek yang cukup banyak untuk pembuatan motion grafik. Ada puluhan efek menarik yang siap diaplikasikan kedala video atau graphics yang akan Kamu buat.
    • Dukungan Native Untuk Arsitektur CPU 64-bit
    Aplikasi Adobe After Effect ini bisa digunakan pada basis prosesor 64-bit, dan membuat aplikasi ini jauh lebih cepat, lebih responsive, dan juga mampu mendukung kapasitas RAM yang lebih besar.

    • Dukungan Keyframe Dan Scripting
    Keyframe merupakan salah satu fitur kunci dalam proses pembuatan animasi dan editing video. Sedangkan Scripting sendiri merupakan fitur yang memungkinkan pergerakan dinamis animasi berdasarkan event dan trigger yang ada pada saat animasi atau video dijalankan saat runtime.

    Hal ini tentu menjadi sebuah kelebihan yang cukup peting. Karena Kamu bukan hanya bisa menghasilkan video dengan efek motion grafik yang baik tetapi juga dinamis.

    • Mampu Mengkonversi File Vector Ke Shape
    Ini juga merupakan salah satu kelebihan yang sangat unik pada After Effect. Kemampuan merubah file Vector ke Shape dengan cara mengimport file tersebut ke workshape. Dengan fitur ini tentunya bisa lebih mempermudah dalam proses pembuatan animasi dan editing video dengan hasil yang lebih maksimal.

    • Mempertahankan Detail Gambar
    Satu poin penting dari aplikasi besutan Adobe ini adlaah kemampuannya yang bisa menjaga detail gambar ketika masuk tahap konversi. After Effect mampu menjaga agar kualitas grafik tetap baik dan halus, sama juga terhadap rasio dan kualitasnya pun dibuat berimbang.

    Sedangkan pada umumnya pada tahap konversi ini selalu dilakukan penurunan detail tekstur grafik yang membuat tampilannya menjadi tidak halus lagi.

    Bisa dibilang jika dilihat dari kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh After Effect ini memang mampu mengungguli beberapa aplikasi professional lainnya. Namun bukan berarti After Effect tidak memiliki kelemahan, beberapa kelemahan yang dimiliki oleh After Effect diantaranya.

    • Tingkat Kesulitan Yang Cukup Tinggi
    Tingkat kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi ini memang cukup tinggi. Sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk mempelajarinya. Seperti pada proses Scripting, membuat Kamu harus meluangkan waktu lebih untuk mempelajari konsep pemrograman script pada aplikasi tersebut.

    Meksi begitu bukan berarti sulit untuk mempelajarinya, asalakan Kamu benar-benar tekun dan serius dalam mempelajarinya. Mungkin Kamu bisa mempelajarinya dengan waktu yang lebih singkat. Focus terhadap efek dan fitur yang memang Kamu butuhkan. Setelah benar-benar menguasai hal tersebut barulah Kamu pelajari fitur-fitur lainnya.

    • Adobe After Effect Tidak Berbasis Animasi 3D
    Meski cukup canggih sangat disayangkan Adobe After Effect ini bukan aplikasi animasi yang berbasis 3D. sedangkan dalam proses pembuatan video animasi tentunya fitur 3D ini mampu memaksimalkan tampilan dari video tersebut.

    • Fungsi Rederig Teks Yang Kurang Maksimal
    Jika proses rendering animasi dan grafik pada After Effect menjadi sebuah nilai lebih. Namun berbanding terbalik dengan proses rendering teks. Proses rendering teks pada aplikasi After Effect memiliki kualitas yang terbilang kurang. Namun dengan terusnya diupdate kini proses rendering teks pada After Effect pun semakin lebih baik.

    • Membutuhkan Perangkat Berspesifikasi Tinggi
    Untuk bisa menjalankan aplikasi Adobe After Effect memang membutuhkan perangkat Laptop Multimedia dengan spesifikasi yang tinggi. Untuk rekomendasi spesifikasi minimal yang harus disiapkan untuk dapat menjalankan aplikasi After Effect diantaranya.

    Windows

    Minimum Specifications
    • Processor: Multicore Intel processor with 64-bit support
    • Operating System: Microsoft Windows 10 (64 bit) version 1803 and later
    • RAM: 16 GB minimum (32 GB recommended)
    • GPU: 2GB of GPU VRAM. Adobe strongly recommends updating to NVIDIA driver 430.86 or later when using After Effects. Drivers prior to this have a known issue which can lead to a crash.
    • Hard Disk: Space 5GB of available hard-disk space; additional free space required during installation (cannot install on removable flash storage devices). Additional disk space for disk cache (10GB recommended)
    • Monitor Resolution: 1280 x 1080 or greater display resolution
    • Internet: Internet connection and registration are necessary for required software activation, validation of subscriptions, and access to online services.*

    Mac OS

    Minimum Specifications
    • Processor: Multicore Intel processor with 64-bit support
    • Operating System: MacOS version 10.13 an later. *MacOS version 10.12 is not supported
    • RAM: 16 GB minimum (32 GB recommended)
    • GPU: 2GB of GPU VRAM. Adobe strongly recommends updating to NVIDIA driver 430.86 or later when using After Effects. Drivers prior to this have a known issue which can lead to a crash.
    • Hard Disk: Space 6GB of available hard-disk space for installation; additional free space required during installation (cannot install on a volume that uses a case-sensitive file system or on removable flash storage devices). Additional disk space for disk cache (10GB recommended)
    • Monitor : Resolution 1440 x 900 or greater display resolution
    • Internet: Internet connection and registration are necessary for required software activation, validation of subscriptions, and access to online services.*

    Bagaimana sudah tahu kan Laptop Multimedia seperti apa yang bisa menjalankan aplikasi Adobe After Effect dengan lancar, nyaman dan maksimal. Kamu juga bisa melihat-lihat berbagai macam Laptop Multimedia terbaru di website Official KLIKnKLIK.com, dan temukan juga berbagai penawaran menarik lainnya.
     

Share This Page