1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Ternyata pake spek prossesor gede ga jamin bakal kuat nge-game

Discussion in 'Cuap-Cuap' started by Andika Xp, Oct 2, 2014.

  1. Andika Xp

    Andika Xp Member

    Joined:
    Aug 18, 2013
    Messages:
    955
    Yup benar, sekarang saya udah paham kalau dalam game VGA memang jadi sorotan. namun kemampuan prosessor itu mungkin juga ga bisa di remehkan :goodjob:
     
  2. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata Saya Ganteng Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,592
    Akhirnya ada yang menyadari tentang semua ini.
    Sebelum kamu beli processor mahal sebaiknya kamu harus bisa mengimbangi dengan specs hardware lain, banyak yang begitu dan hampir semua teman saya begitu. Processor mahal-mahal RAMnya 2GB VGA 1GB 64-bit DDR3 masih lemot karena hardwarenya belum imbang. Processor mahal gak masalah RAM minimal harus ada 4GB dan VGA 1GB 128-bit GDDR5 nah itu baru terasa sekali apalagi penyimpanan data pake SSD tambah kenceng nantinya.
     
  3. Andika Xp

    Andika Xp Member

    Joined:
    Aug 18, 2013
    Messages:
    955
    Ya di maklumi aja lah om namanya juga nubita :malu3:

    kalo ga belajar dari kesalahan, mana pernah kita tahu akan sesuatu hal yang baru. ya kan :kagum:

    Satu hal yang pasti, saya ga sekolah di bidang ini dan ga punya pengetahuan sedikitpun tentang ini. Gabung di sini membuat hobi saya berubah. Semua jadinya cuma modal nekat. Saya ga nyesel beli prosessor ini buktinya sekarang ke pake kok di lappy :kagum:

    Waktu itu saya niat beli karena mobo memang support dan kendala2 terkait ya di karenakan pasta yg asal (bukan cara pemberiannya tapi pastanya. pastanya pasta KW an jadi pas panas, langsung encer kaya minyak).

    Hal ini sekaligus memberi jawaban kalau Intel HD sampai 3000, Secara awam, itu bisa di katakan setara kualitasnya :cool:
     
  4. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata Saya Ganteng Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,592
    wkwkwkk gpp semua orang pasti awalnya gitu.
     
  5. Dejiko

    Dejiko New Member

    Joined:
    Mar 21, 2014
    Messages:
    2,309
    gini gini akan aku jelaskan secara rinci proses dalam game dan hardware yag berperan

    1. Loading : CPU dan Harddisk dan RAM. Harddisk adalah tempat datanya dan proses I/O data, sementara CPU mempersiapkan dan membaca data game yang ada di HDD itu sementara RAM menulis cache dari prosesan data CPU Untuk kemudian dipakai game agar proses I/O cepat

    2. Gameplay : CPU, RAM dan VGA : di Gameplaylah peran VGA sangat Tinggi CPU hanya memproses data game itu menjadi bentuk data yang siap utuk diproses VGA (Jika VGA Mampu maka data akan cepat dan mungkin rendernya alus, berlaku sebaliknya) dan CPU menuliskan cachenya ke RAM agar proses cepat dan tidak terlalu memberatkan harddisk ketika terjadi proses I/O data

    3. Savegame : RAM dan Harddisk : ketika savegame akan ditulis maka data dari RAM akan diproses oleh game itu menjadi file Temporary dimana lokasi kamu (misal kamu main sampai di Savehouse CJ di Los Santos (GTA SA Maniak :ketawa: ) maka cache proses baik proses yang ada di CPU dan GPU yang ada di RAM itu oleh game akan diproses menjadi bentuk savefile yang kemudian Menuliskannya ke Harddisk

    Jadi Intinya: CPU hanya berperan memproses data game dari I/O Harddisk atau I/O Cache RAM menjadi data jadi yang siap dirender VGA. Semakin besar data yang diproses CPU maka semakin besar pula data yang harus dirender. maka dari itu peran VGA lah yang amat penting dalam game karena itu sebagai Image Processor


    beri rep+ jika ada manfaatnya hehe
     
  6. Andika Xp

    Andika Xp Member

    Joined:
    Aug 18, 2013
    Messages:
    955
    @Evolta Triathlon Comunity, Rep udah meluncur. thx!


    For all: Ini Thread bukan lah sebuah masalah karena saya sudah memahami kesalahan dalam menterjemahkan "Ternyata pake spek prossesor gede ga jamin bakal kuat nge-game". Saya sudah paham kalau prosessor gede ga jamin bakal mulus ngegame. karena VGA juga salah satu komponen yang sangat berperan penting di dalamnya. meskipun begitu, game juga ga bakal mulus tanpa dukungan prosessor gede.
     
  7. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata Saya Ganteng Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,592
    Yang penting semua hardware di PC seimbang gak berat sebelah dan gak berat setengah :ketawa:.
     
  8. RedBerry

    RedBerry Member

    Joined:
    Sep 8, 2014
    Messages:
    114
    btw Mobo'a tipe apa bro??
     
  9. Andika Xp

    Andika Xp Member

    Joined:
    Aug 18, 2013
    Messages:
    955
    Sipp!!!! Rencananya sih mo nabung buat modalin PC Gaming, kalo mo donasi silahkan Om, jangan sungkan2. Hahakhak... #kaburrr :lol1:

    Kasih tau ga ya? :ketawa:

    Seperti yang sudah saya bilang, saya keliru sebenarnya nulis Thread ini. Namun karena udah terlanjur, ya apa mau di kata :malu1:

    Ni ringkasan spek yang sekarang,

    [attachment=4515]​
     

    Attached Files:

Share This Page