1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

The Next Microsoft Logo!

Discussion in 'Cuap-Cuap' started by Mr. Brand, Oct 20, 2014.

  1. Mr. Brand

    Mr. Brand New Member

    Joined:
    Oct 19, 2014
    Messages:
    0
    Sebuah brand dibuat bukan hanya sebagai pemanis saja, lebih dari itu dia harus mampu menampakan keseluruhan dari nilai visi dan misi sebuah perusahaan dalam sebuah bentuk visual yang sangat sederhana dan mampu meinspirasi target audience nya.

    Intro : Studi Kasus

    Coba kita ambil contoh dari branding salah satu perusahaan Tekno terbesar didunia, apple.​
    [​IMG]
    "apple menunjukan filosofi yang kuat dari logonya, jika buah apel adalah ilmu pengetahuan, maka mereka hanya mampu mendapatkan satu gigitan saja."

    ada banyak versi memang tentang filosofi dari logo apple tersebut, namun yang membuat saya kagum salah satunya adalah filosifi tersebut. Sudah semestinya sebuah brand memiliki nilai yang dikagumi oleh target audience nya sehingga pada akhirnya mereka tertarik membeli produk yang dijual oleh brand tersebut, bahkan ada kebanggaan dari situ. ​

    Lantas, bagaimana dengan Microsoft ?​


    [​IMG]
    "Logo Microsoft dari waktu ke waktu"

    Microsoft hadir dengan ciri khasnya, sebuah jendela. Hingga saat ini microsoft telah melakukan beberapa penggantian brand dan ini bukan merupakan hal yang aneh mengingat logo mereka harus senantiasa seirama dengan konsep produk yang mereka usung. Dan yang terakhir adalah logo flat windows mereka dengan sentuhan perspektive yang sangat sederhana jika dibandingkan dengan logo mereka sebelumnya yang menggunakan terlalu banyak elemen warna dan pola shape yang cukup beragam. Namun, bukankah seharusnya sebuah logo/brand itu bersifat konsisten? , Coba kita belajar dari brand Nike dan Coca Cola. kedua brand ini sangat konsisten dan tidak termakan zaman bahkan jika saya bayangkan logo nike sekarang dan 20 tahun lagi, saya pribadi meyakini logo tersebut akan tetap sesuai di masanya.
    [​IMG]

    Solution
    Untuk dapat bertarung dengan para pesaing, microsoft harus mulai memikirkan bagaimana caranya menciptakan sebuah brand yang kuat, inspiratif, sederhana dan konsisten mulai dari saat ini. Sebuah logo, yang jika orang melihatnya mereka langsung mengagumi, terpesona, terinspirasi dan memiliki keinginan kuat untuk memiliki brand tersebut melalui produk yang dijual.

    Nah, beberapa pekan yang lalu, seorang teman memberikan saya sebuah informasi bahwa seseorang bernama Andrew Kim (Asal Korea) di hire oleh microsoft lantaran menciptakan logo/brand baru dari Microsoft. Dan dia menyebutnya dengan sebutan "SLATE".

    [​IMG]
    "Andre Kim (Soul) seorang visual designer"

    Logo Microsoft seperti apa sampai-sampai Microsoft kepincut "meminangnya" ? dan bagaimana proses Andrew menciptakan logo Microsoft tersebut. Simak dibawah ini ...

    [​IMG]
    "Juni 2012, sudah ia jadwalkan untuk project re-branding Microsoft"
     

Share This Page