1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Tips Membeli Hardware PC yang sesuai dengan kebutuhan

Discussion in 'General' started by Ambrizal Suryadinata, Sep 11, 2014.

  1. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata Saya Ganteng Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,592
    Selamat Soree pengguna WinPoin.

    Mungkin ini adalah hari pertama menggunakan PC sendiri karena baru saja kemarin yang merakit itu saya sendiri, nah mungkin diantara seluruh member yang ada disini pasti mengetahui hal-hal yang pasti diketahui saat membeli PC baru.
    Nah menurut Survey yang saya lakukan kemarin kalau tidak salah sekitar 12 toko ternyata hampir semua yang sering beraksi nakal kepada calon pembeli yang baru pertama kali alias awam dan mengatakan barangan dagangannya sangat bagus dibanding yang lain.

    Nahh bagi kalian yang ingin tahu tipsnya monggo di tengok :

    1. Ketahui Processor yang anda pilih

    Tepat kejadian kemarin saya di berikan spesifikasi yang cukup pas-passan sekali yaitu Dual Core dengan kecepatan Clock 2.1 GHz setara dengan laptop yang harganya 5 juta, jika anda berpikir bahwa komputer itu seharga 2-3 juta (satu set dengan perlengkapannya) saya masih bilang wajar. namun apa daya jika harganya mencapai 4 juta nah itu yang akan membuat anda penasaran sekali padahal diwilayah saya Intel Pentium Dual Core G3220 (Haswell) seharga 650rb dengan kecepatan 3.0 GHz.

    Akan tetapi tak selamanya mahal atau murah menentukan kualitas, jika anda sering bertempur pada arena multimedia atau game maka gunakan saja Intel Core-i3 atau keatas. namun jika untuk penggunaan kantoran atau designer yang masih abal-abal ataupun tingkat menengah anda bisa gunakan Intel Dual Core.

    2. Hati - hati dengan RAM

    Ada apa dengan RAM ?, kalau menurut saya tidak ada masalah namun hanya saja orang awam sering dibohongi dengan komponen yang satu ini. nah jika menurut kalian RAM 8GB lebih dari 4GB maka hal itu mungkin masih bisa dibilang salah, karena pada setiap RAM dan jenisnya memiliki kecepatan data yang berbeda-beda.

    Bukan cuman Processor saja yang punya tapi RAM juga punya lalu bagaimana cara membandingkan RAM yang bagus atau tidak ?, kalian dapat melihatnya pada bagian belakang nama RAM tersebut seperti Kingston DDR3 4GB PC12800/1600MHz. Jika angka PC atau MHznya tinggi berarti kecepatan untuk menampung atau memproses data menjadi lebih cepat, namun bagaimana jika kedua ram berbeda ?, nantinya motherboard akan menyesuaikan kedua RAM tersebut sehingga kecepatan yang dihasilkan lebih maksimal.

    Namun perlu anda ketahui juga, pastikan ram yang anda beli atau gunakan sudah compatible dengan motherboard karena salah memilih RAM dapat menyebabkan PC anda tidak hidup contoh kasusnya persis seperti yang dialami mas Febian.

    3. Jangan asal pilih PSU atau PSU yang sudah satu paket dengan casing

    Power Supply atau biasanya sering dipanggil PSU ini adalah salah satu hardware yang paling sering mengalami kerusakan pada 4 tahun lalu termasuk saya waktu itu, dalam pemikiran saya PSU yang sudah satu paket dengan casing adalah yang bagus namun ternyata itu hanya tipuan mata.

    Lalu bagaimana cara memilih PSU yang benar ?, jika anda ingin PC yang anda beli atau rakit sehat selalu sebaiknya hitung-hitung terlebih dahulu daya yang dibutuhkan oleh beberapa hardware yang akan anda gunakan. Kenapa harus menghitung ?, karena jika anda tidak menghitung daya yang diasumsikan untuk beberapa hardware anda maka kemungkinan besar PSU tidak akan mampu menghidupkan seluruh hardware yang ada meskipun bisa akan tetapi tidak akan bertahan lama.

    4. Mau pasang VGA ?, jangan lihat dari harganya

    Jika anda ingin memasang VGA yang tujuannya untuk keperluan kualitas gambar atau untuk ngegame sebaiknya anda wajib tau tentang VGA, tidak semua VGA bisa menampilkan kualitas gambar yang baik meskipun harganya dapat membuat kelaparan 3 hari. Jika anda ingin memasang VGA untuk keperluan Game, anda cukup gunakan VGA yang berasitektur 128-bit dengan kapasitas 1GB dan sesuaikan dengan motherboard yang anda gunakan.

    Lalu bagaimana dengan penggunaan rendering 3d atau penggunaan Software grafik yang berat seperti After Effect, jika anda membeli VGA dengan tujuan tersebut maka minimal VGA yang anda gunakan berasitektur 256-bit dengan kapasitas 2GB dan pastinya juga disesuaikan dengan motherboard yang digunakan akan tetapi harga yang ditawarkan dengan VGA tipe ini memiliki harga diatas 1,5 juta.

    5. Kapasitas HDD tidak mempengaruhi performa PC

    HDD adalah tempat penyimpanan data dalam jumlah besar dan bersifat permanen, beda halnya dengan SSD hardware penyimpanan data ini tidak mungkin diragukan lagi karena jika anda menggunakan SSD waktu booting yang diperlukan hanya 3 detik, ya hanya 3 detik belum lagi fitur fast boot yang ditanamkan oleh motherboard. tapi saya tidak akan melihat benda-benda mahal tersebut namun untuk HDD.

    HDD memiliki 4 jenis yaitu IDE, ATA, SATA, SSD. namun pada tahun 2012 - 2014 penggunaan HDD ATA sudah mulai menyusut dibanding SATA karena kecepatan yang ditawarkan HDD Jenis SATA sangat cepat dibanding ATA. namun ternyata SATA punya kelas lagi yaitu SATA 1, SATA 2, dan SATA 3. setiap kelas memiliki kecepatan data yang berbeda-beda dan yang paling cepat adalah SATA 3 namun itu sendiri tergantung pada Motherboard itu sendiri apakah HDD itu sendiri sudah support dengan Motherboard atau tidak.

    Selain jenis HDD kecepatan hardisk juga menentukan kecepatan write/read data, HDD standar biasanya berkecepatan 5400RPM namun ada juga yang sudah berkecepatan 7200RPM. jadi jika anda menggunakan PC untuk aktifitas perkantoran HDD berkecepatan 5400RPM sudah cocok untuk PC anda, namun jika untuk aktifitas Game atau rendering anda perlu menggunakan HDD yang sudah berkecepatan 7200RPM dan lebih disarankan untuk menggunakan SSD.

    Cukup sekian thread dari saya, kalau thread ini repost semoga thread ini bisa lebih lengkap dari thread sebelumnya.
     
  2. Nur Rahmad

    Nur Rahmad Member

    Joined:
    Sep 8, 2014
    Messages:
    143
    wah tips bagus nih bagi yang ngerakit kompi
     
  3. Jazz

    Jazz Windows Freak Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,720
    **Tanya donk, masih Awam banget nih soal Hardware....
    1. Untuk Prosesor klo buat VS2013 itu klo pke i3 bisa gak?, walaupun dh tau Minimun Spek dr VS2013 tapi tetap aja pengenku tanyakan?
    2. Untuk RAM 2GB itu dh Idealkah untuk Pengguna Kuliahan? (Macam Bikin Skripsi dgn Office dll?)
    3. Dan ini juga sering aku Liat sih kasusnya tp belum "Ngeh" banget, apa RAM yg Usable 1,48 dari 2GB RAM itu ngaruh Perfoma nggak jika menggunakan banyak task/Backgroud Proses? dan boleh ngak di Kurangin/Dihilangkan?
    4. dan RAM4GB itu dh Cukupkah untuk VS2013, Photoshop, PES dll?
     
  4. Mayza MyZone

    Mayza MyZone Super Moderator Staff Member

    Joined:
    Dec 16, 2013
    Messages:
    4,945
    +REP pak surya,, weh,,, on the move ni,,, :ketawa:
     
  5. Mayza MyZone

    Mayza MyZone Super Moderator Staff Member

    Joined:
    Dec 16, 2013
    Messages:
    4,945
    jawab :
    1. Klo VS 2013 make Core i3 sebenarnya sudah bagus,, klo ingin lebih juga tambah bagus,,
    2. Anak kuliahan kebanyakan make RAM 2 GB, di kampus kakek banyak banget yg make RAM 2 GB,, 90% RAM 2 GB 10% lebih dari 2GB.. Tapi semua tergantung kebutuhan, tergantung milih jurusan apa? klo jurusannya emang di Teknik KOmputer yang mengaharuskan punya software" yang berat" ya lebih baik RAM lebih dari 2 GB..
    3. Inti dari ini harus percaya dengan System yang dibuat Windows,, karena Windows juga tahu seberapa RAM yang harus digunakan agar aman untuk digunakan dan tidak. Klo masalha performa ngaruh apa ngga, ya tergantung isi dari laptop itu sendiri, apakah kebanyakan software atau ngga, dari efek mungkin ada efek dari performa laptop,, tp ga terlalu signifikan kok. Klo dikurangin sebaiknya jangan, karena yang buat itu ada system yang mungkin ga bsa diutak atik agar lebih secure. Contoh saja WP, ada 3GB lebih yang dipake system dan ga bisa di utak atik karena alasan kemanan dan percaya dengan Microsoft adalah jawabannya,, Microsoft akan memberikan yang terbaik untuk pelanggannya.
    4. RAM 4 GB bagiku lebih dari cukup untuk install game semisal PES 2015 atau FIFA 2015 sekaligus,, tapi harus didukung dengan kondisi HDD yang besar juga ya? HDD minimal 300GB lah, 500GB Standarddan 1TB lebih bagus.. Software lain semacam VS 2013 dan Photoshop bisa,,

    SEKIAN
     
  6. Dejiko

    Dejiko New Member

    Joined:
    Mar 21, 2014
    Messages:
    2,309
    Tipsnya bagus

    Rep+ 2 (kalau aturan rep maksimalnya hilang bisa sampai 10 rep ini)

    BTW Beberapa hal yang mau aku tanyakan

    1. Pantaskah Anak SMP Apalagi Kelas 8 memakai Laptop/PC Bersistem Core i5 (Haswell / Ivy Bridge) ?
    2. Jika untuk anak SMP CPU Apa yang cocok buat PC/Laptopnya
    3. RAM 3 GB DDR3 1333MHz itu buat proses apa saja yang ideal
    4. Dengan Harddisk 500GB 5400RPM Apakah enak dipakai Gaming setara PES atau GTA4
    5. Untuk Anak SMP Apalagi kelas 8 Apakah memerlukan VGA yang Tinggi bahkan Ultra ?

    sekian itu pertanyaan saya
     
  7. Jazz

    Jazz Windows Freak Staff Member

    Joined:
    Jan 6, 2014
    Messages:
    14,720
    Hmmm Intinya...
    1. Dh fix tuh i3++ apa mungkin AMD yg Clocknya hanya 1.9GHz bisa?
    2. Software2 berat, hmm ya mungkin nntinya jg gak bakal Jauh2 dari Debian, VS2013
    3. Seppp Berarti dibiarkan Saja yaw kek?
    4. Owh sep sep deh, 500 dlu juga gpp deh
    [hr]
    tp untuk HDD tetap aja dikasih Ruang untuk Cache System, min 10GB...

    1. Pertanyaan aneh..., Klo punya Budget Tebal/Keperluan apa salahnya?
    2. Tergantung Tugas apa yg diberikan Gurumu,
    3. Kurang tau mungkin TS Bisa jawab
    4. Kurang tau mungkin TS Bisa Jawab
    5. Satu lagi Pertanyaan Aneh..., Klo punya Budget Tebal/Keperluan apa salahnya?
     
  8. Dejiko

    Dejiko New Member

    Joined:
    Mar 21, 2014
    Messages:
    2,309
    Tapi kalau aku sendiri ngamati i5 Rata2 kurang dipake maksimal ..
     
  9. Isyroq Ank PKU

    Isyroq Ank PKU Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2014
    Messages:
    1,473
    Budget gak cukup untuk buat PC rakitan sendiri
    Masih banyak keperluan lain yang belum terpenuhi
     
  10. amdpastrana

    amdpastrana Most Valuable Member

    Joined:
    Jul 10, 2013
    Messages:
    863
    nice share bro
    ngerakit pc memang lebih menyenangkan, bukan cuman sekedar menyenagkan tapi juga dapat pengalaman :goodjob:
     
  11. azlvda

    azlvda Member

    Joined:
    Apr 3, 2014
    Messages:
    514
    ingat dulu pertama kali abis rakit langsung belajar modifikasi bios
    3 kali mati total :ketawa: 3 kali di balikin (1x dganti baru)
    selama masih ada garansi gak takut mobonya meledak yang penting dapat pengalaman :ketawa::ketawa:
     
  12. Mayza MyZone

    Mayza MyZone Super Moderator Staff Member

    Joined:
    Dec 16, 2013
    Messages:
    4,945
    1. Klo buat clocknya lebih baik biar menunjang yg 2 GHZ keatas aja cu,, lebih besar clocknya kan lebih cepat,, 1,9 ya cukup lah,, standar
    2. iya,, paling yang berat si VS2013 tuh,,, bisa sampai 7-10 GB sekali install,, makanya laptop kakek yg cuma RAM 2 GB, CORE i3, HDD 500GB tp masih berat lantaran RAMnya sedikit,,, kalo ditunjang RAM 4GB mungkin akan lebih ringan..
    3. iya biarin aja,,
    4. gpp 500 gb
     
  13. Ambrizal Suryadinata

    Ambrizal Suryadinata Saya Ganteng Staff Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    2,592
    1. Pantas gak pantas juga gak masalah karena sudah pasti processor seri lama pasti gak akan diproduksi lagi dan terlebih lagi harganya cuman beda 10rb ataupun 15rb.
    2. Itu terserah orang tua masing-masing, tapi sudah dipastikan ada pengaturan family safety untuk anak dibawah 13 tahun.
    3. Apa saja ideal kok tergantung pemakaian software.
    4. Untuk Software apa saja jika ditaruh di HDD tidak masalah, terkecuali untuk OS atau Software yang berat mungkin SSD akan diperlukan.
    5. Itu tergantung orang tuanya juga, kalau di beliin ya dibeliin :ketawa: kalau enggak ya gak usah marah.


    1. Itu sudah cukup kok, kalau sudah terjun ke dunia 3D ya mungkin PCnya bisa tembus angka 15 juta keatas.
    2. Itu sudah Ideal kok, saya juga pake 2GB tapi itu hanya untuk membuka 1 program paling berat.
    3. Biasanya ini terjadi di processor AMD tapi juga bisa terjadi untuk orang yang menggunakan VGA yang terdapat fungsi HyperMemory atau TurboBost (lupa saya), kalau dihilangkan sebenarnya gampang saja untuk yang menggunakan VGA karena tinggal copot tapi untuk yang processornya AMD biasanya agak susah untuk hilanginnya.
    4. 4GB juga sudah lebih dari cukup, aku sering main Point Blank ya meskipun monitornya CRT dan RAMnya 2GB PCku masih sanggup tampilin grafik kualitas High + dengan detail materialnya tapi itu pake VGA 1GB yang 128bit.
     

Share This Page