1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share Tips Sukses Mengerjakan Soal CAT Agar Lolos Passing Grade SKD CPNS 2019

Discussion in 'General' started by Yundar, Dec 2, 2019.

  1. Yundar

    Yundar Member

    Joined:
    Aug 28, 2018
    Messages:
    43
    Masyundar.com - Tips Sukses Mengerjakan Soal CAT Agar Lolos Passing Grade SKD CPNS 2019. Menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau pegawai ASN (Aparatur Sipil Negara)merupakan jenis pekerjaan yang banyak diminati oleh semua orang, karena tergolong dipandang sukses dan mapan. Tiap tahun selalu ada pendaftaran cpns dengan pendaftar berlipat - lipat dari formasi yang dibutuhkan. Memang perjuangan yang sangat keras untuk bisa lolos ujian tes cpns sampai menjadi pegawai ASN. Formasi posisi dan jabatan yang dibuka juga menyesuaikan kebutuhan pengadaan tiap lembaga kementerian pusat dan daerah.

    Tips Sukses Mengerjakan Soal CAT Agar Lolos Passing Grade SKD CPNS 2019.jpg

    Bagi anda yang sudah lulus sekolah maupun kuliah, jika tertarik bisa mencoba mengikuti ujian cpns tahun ini. Pendaftaran online CPNS 2019 dimulai pada hari Senin tanggal 11 November 2019 melalui situs portal SSCASN. Melalui situs resmi sscasn.bkn.go.id, anda melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Kemudian masukan syarat yang dibutuhkan sesuai formasi jabatan yang anda pilih. Setelah selesai memasukan syarat dan memilih formasi, lanjutkan sampai ke menu resume sebagai tanda akhir pendaftaran. Selanjutnya kita tinggal menunggu hasil administrasi yang akan di informasikan melalui situs resmi masing - masing lembaga pemerintah.

    Jika anda lolos pendaftaran administrasi, jadwal selanjutnya anda akan mengikuti tes SKD berbasis CAT (Computer Assisted Test). Setiap peserta ujian akan menggunakan 1 unit komputer untuk mengikuti tes dengan metode CAT. Soal yang diberikan juga sudah di atur secara acak agar tidak sama dengan peserta lainnya dengan hasil ujian juga akan langsung keluar setelah peserta menyatakan selesai. Sistem CAT (Computer Assisted Test) ini banyak memiliki kelebihan, diantaranya lebih efisien waktu dan yang lebih penting lagi adalah lebih transparan di pandangan masyarakat.

    Sesuai Peraturan Menteri PAN-RB No. 24 Tahun 2019 tes SKD terdiri dari 3 materi meliputi yang pertama Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan nilai ambang batas 65, yang kedua Tes Intelegensi Umum (TIU) dengan nilai ambang batas 80, dan yang ketiga Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai ambang batas 126. Dengan jumlah soal sebanyak 100 soal dan waktu 90 Menit. Jika dibandingkan dengan nilai ambang batas tahun 2018, ini berarti mengalami penurunan batas kelulusan untuk seleksi tes SKD tahun ini. Semoga adanya aturan penurunan ambang batas ini bisa menjadi penyemangat untuk anda yang sudah siap mengikuti tes CPNS 2019.

    Tips Sukses Mengerjakan Soal CAT Agar Lolos Passing Grade SKD CPNS 2019
    Mengikuti ujian tes berbasis CAT (Computer Assisted Test) SKD bagi peserta CPNS memang butuh perjuangan yang tidak mudah. Jangan sampai semangat kita kendor ketika melihat pesaing pada formasi yang sama begitu banyak dan berasal dari universitas ternama seperti UI, UGM, ITB, dll. Justru dari munculnya ujian tes CPNS ini, kita buktikan bahwa semua orang mampu bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang layak menjadi pegawai ASN di pemerintahan. Berikut tips sukses mengerjakan soal CAT SKD 2019 agar anda bisa lolos passing grade, Monggo di simak :

    1. Menjaga Kesehatan
    Persiapan yang sangat penting sebelum mengikuti ujian CAT SKD yaitu selalu menjaga kondisi kesehatan anda. Untuk sementara kurangi waktu begadang agar badan tetap fit dan menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan tubuh.

    2. Belajar yang Efektif
    Pelajari materi - materi yang akan muncul di ujian CPNS 2019 dengan mengacu pada kisi - kisi Peraturan Menteri PAN - RB No. 23 Tahun 2019. Belajar secara rutin dan konsisten berbagai materi TWK, TIU dan TKP beserta contoh soal - soal dari yang mudah sampai sulit dengan tipe HOTS (Higher Order Thingking Skill). Sebaiknya hindari belajar model SKS ( Sistem Kebut Semalam) karena kalo kita sampai kurang istirahat dan kurang tidur akan berakibat kurang fokus dan mengantuk saat ujian berlangsung.

    3. Jangan Datang Terlambat
    Jika anda belum mengetahui lokasi tes CPNS, sebaiknya survei dulu letak lokasi tes yang akan anda jalani nanti. Mulai dari alamat test sampai no kursi ujian yang akan anda tempati. Ini cukup penting agar bisa menghindari keterlambatan waktu ketika anda akan datang ke lokasi tes SKD. Hadir sampai lokasi 1 jam sebelum ujian akan lebih baik tentunya, anda masih bisa menyiapkan peralatan tes dan mendapat pengarahan dari panitia ujian CPNS.

    4. Berdoa
    Doa dari orang tua, saudara, dan keluarga ini sangat penting untuk kita terapkan ketika menghadapi berbagai ujian, seperti ujian tes CPNS salah satunya. Seperti kata pepatah "usaha tanpa doa itu sombong dan doa tanpa usaha itu sia - sia", jelas ini segala yang kita sudah capai sampai saat ini merupakan atas ijin Tuhan. Berdoalah setiap waktu, terutama ketika akan mengerjakan soal tes TKD kepada Tuhan agar di beri kemudahan dan hasil yang terbaik dalam mengikuti ujian CPNS nanti.

    5. Memaksimalkan Waktu
    Waktu ujian hanya 90 menit untuk mengerjakan 100 soal, ini berarti kita cuma diberi kesempatan berpikir sekitar 54 detik untuk menjawab setiap soal. Kerjakan dahulu dengan cepat untuk soal - soal yang mudah, dan lewati soal yang sulit dan panjang. Jika masih memiliki waktu, bisa digunakan untuk mengecek kembali apakah masih ada soal yang belum terjawab atau tidak.

    6. Jawab Semua Soal
    Usahakan anda bisa menjawab semua soal yang ada, meski menemui kesulitan bahkan tidak tahu jawabannya. Karena meski kita sudah memasukan jawaban tapi salah, tidak ada nilai yang kurang. Terutama pada soal TKP nilai terendahnya 1, jika anda salah menjawab akan masih mendapatkan nilai 1 untuk hasil pilihan anda.

    7. Serahkan Semua pada Tuhan
    Ketika ujian berlangsung, tetaplah menjaga diri selalu jujur dan tidak melakukan kecurangan. Setelah lelah, pusing dan letihnya berjuang di medan perang, maksudnya mengikuti tes CPNS ini. Selayaknya kita pasrahkan semua kepada Tuhan, apapun itu agar hasilnya bisa kita terima dengan ikhlas.

    Percaya saja, sebuah usaha yang kita perjuangkan apapun itu tidak akan pernah mengkhianati hasil. Semoga lelahnya anda belajar hari ini sampai besuk pada waktunya ujian terbayar lunas dengan menjadi pegawai ASN yang sudah anda cita - citakan sampai saat ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda, jika perlu silahkan bagikan ke teman - teman anda yang membutuhkan. Selamat berjuang, semoga sukses.

    Sumber: https://www.masyundar.com/2019/11/tips-sukses-mengerjakan-soal-cat-agar.html
     

Share This Page