1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share Tips Supaya aman menggunakan System Operasi yang gak Support lagi.

Discussion in 'Windows 7' started by vinsenliu, Nov 14, 2018.

  1. vinsenliu

    vinsenliu Well-Known Member

    Joined:
    Oct 27, 2013
    Messages:
    1,071
    Capture3.JPG

    "Anjir... Windows 7 bentar lagi gak di support lagi... Update ah... ke Windows 10"
    "Ya kali... masa harus beli laptop sekarang...Udah tau laptop gua gak support lagi buat Windows 10... lagian ngumpul duit buat beli HP Parvilion Gaming 2018 juga"
    "Windows 7 gak support lagi? Aplikasi gua gimana njay? Udah tau aplikasi gua udah gak support lagi"

    Dan itulah kata-kata yang mungkin di ucapkan oleh pengguna Windows 7 saat mengetahui Microsoft gak bakal support lagi Windows 7.

    Banyak dari kalian punya alasan Untuk tetap menggunakan Windows 7, dimulai dari App yang gak support di Windows 10 sampai Hardware yang super lawas. Dan mungkin sebagian pengguna Windows 7 sudah mulai panik karena Support nya tinggal kurang dari 500 hari (Tepat di Tahun 2020)

    Bagi kalian yang ingin tetap menggunakan Windows 7 walaupun udah mulai gak support lagi dengan alasan Lagi nabung buat beli Laptop "HP Parvilion Gaming 15 (2018". Inilah Tips tetap aman menggunakan OS yang gak support Lagi (Berguna juga untuk Windows XP... Kalau masih ada user nya)

    Tips ini gua dapatkan dari pengalaman Menggunakan Windows Vista SP2 yang notabene udah Gak support di Tahun 2017... (sampai Sekarang masih kok)

    1. Download Antivitus yang Berbayar/Berlangganan

    Capture4.JPG

    Ini merupakan Poin paling penting untuk Komputer Perusahaan... Pasti ada alasan khusus, kenapa Komputer perusahaan tetap menggunakan Windows 7. Seperti yang kita tahu Antivirus merupakan Proteksi paling penting untuk melindungi user dari Virus sekitar 40% (Sisanya itu dari user nya sendiri). Kenapa saya merekomendasikan Antivirus yang berbayar seperti Kaspersky... Pasti udah jelas dong Proteksi Anti Virus gratis dengan berbayar... Maka saya merekomendasikan Anti Virus berbayar untuk Perusahaan

    "Tapi saya kan Pengguna Rumahan bukan Perusahaan"

    Nah untuk Pengguna Rumahan, kalian bisa kok menggunakan Anti Virus Gratis.. Tapi pilih Kaspersky Free ya... Kalau Windows Deffender, saya masih ragu apakah Microsoft bakal masih Support Windows Deffender Windows 7.

    2. Jangan Download Aplikasi yang Untrusted di Internet/ Terlebih lagi Download *****...

    "Pada suatu hari yang cerah, ada seorang yang membuka website Google Lalu mengetik keyword:

    Download ***** Internet Download Manager-Bag****1
    "
    Saya Sarankan jangan Coba-coba cari keyword seperti Orang diatas itu... Memang kalian terproteksi Anti virus.. Tapi ingat Antivirus itu hanya sebagai pengingat bahwa File itu mungkin mengadung malware.. sisa nya adalah kita sendiri yang memutuskan untuk Menggunakan File itu atau Gak... Karena Kalian udah gak diproteksi dan disupport oleh Microsoft.. Jangan Macem-macem deh buka website gak jelas... apalagi buka DeepWeb..

    3. Browser pastikan Up-to-date walaupun udah versi lawas...

    Capture5.JPG


    Coba kalian cek browser kalian atau temen kalian... Versi berapa Browsernya?

    Mozila Firefox 4.0? Suram...
    Google Chrome 26.1? Suram...
    Internet Explorer 6? Hmmmm... Legend Hidup nya

    Pastikan Tetap Up To Date Versi Browser nya... Walaupun Browser nya cuma metok di versi Lawas (Misalnya Google Chrome paling baru 61... tapi di Windows XP cuma nyampe 36)... Soalnya Browser Versi Lawas banget.. belum tentu support HTML 5, yang hampir sebagian website nya udah memakai itu.. gak seru kan kalau buka Youtube cuma hitam doang Videonya...

    4. Pastikan Windows Update udah Up To Date...

    Capture6.JPG

    Cek Windows Update kalian... Kapan udah terakhir Up to date?

    Today 10:35 PM... Aman
    Yesterday 3:35 AM... Masih Aman
    27 July 2015 22:34 (Failed)... SURAM
    Never? Hidupnya Matul...


    Walaupun Versi OS kalian Udah gak mendukung lagi... Gak mungkin Microsoft gak meninggalkan patch Security yang penting... Jadi pastikan Check For Update dari sekarang.... Gak ada Koneksi Wifi? Ada kok Starbucks atau McD...

    5. Pikirkan Pelan-pelan Untuk Update/ Beli Laptop Baru

    Walau dari 4 Tips diatas udah kalian lakukan... tetap aja kalau udah gak support terus kalian tetap pakai OS yang udah lawas dan gak disupport lagi... Nanti beberapa Tahun mendatang... Aplikasi juga gak ada yang mendukung lagi, Anti Virus juga mulai gak support lagi... dan akhirnya Windows kalian gunakan bakal bernasib sama dengan Windows 95... Jadi gua sarankan untuk memikirkan tetap update ke Windows 10... bagi yang spek PC nya udah mumpuni (bahkan Mumpuni Banget)

    "Tapikan Aplikasi Yang lawas gimana? Aplikasi gua ini gak bisa digunakan di Windows 10.. Hanya Windows 7"

    Kalian Tahu Virtual Machine kan? atau Emulator? Nah... menurut gua solusinya terbaik nya adalah menggunakan Virtual Machine... Contoh.. sebagai Mahasiswa Teknik Komputer yang ada Mata Kuliahnya untuk menguasai QBASIC yang notabene itu Aplikasi MS-DOS tapi tetap bisa jalan di Windows 10 dengan menggunakan Aplikasi DOSBOX atau Contoh lain... Gua menginstall Visual Basic yang gak support di Windows 10... tapi dengan bantuan Virtual Machine yang udah Terinstall Windows 98 (atau Windows XP)... Aplikasi itu bisa berjalan sempurna kok... (Pastikan Network di Virtual Machine dimatikan ya..)

    Screenshot (20).png

    "Kan PC/Laptop gua Pentium 4... Pasti udah gak support Windows 10... Terus Gimana dong?"

    Maka dari itu... kalian nabung dari sekarang... Untuk membeli Device baru... Ingatlah, Teknologi gak bakal stuck disitu terus... pasti akan berkembang walaupun 1 detik aja.... Dan Inilah saatnya pengguna PC Lawas untuk mengganti device nya ke Device yang baru... Jangan Beli yang asal murah... Belilah Laptop yang memberikan Experience yang baik... Kalau Laptop kalian inginkan punya Harga 17 Juta... jangan putus asa... Cepat atau Lambat, Kalian pasti akan dapat Laptop dengan Budget 17 juta dan yang terbaru... (Ref: https://winpoin.com/alasan-mengapa-laptop-windows-murah-hanya-menghabiskan-waktu-dan-uang-kamu/ )

    Screenshot (21).png

    Demikianlah Tips, Cara menggunakan Windows yang udah gak disupport lagi ala Pengguna Windows Vista (LOL)... Bagi kalian punya tips lain... bisa ditambahkan... yang menurut gua Ideal Tipsnya... akan gua update ke tulisan ini... Terima kasih..

    *Bagi kalian yang mau Copy Paste Tulisan Ini ke Blog kalian atau Website kalian... kalian bebas Copy Paste Tulisan ini dengan Menyertakan Sumber Link Forum ini...
    *Untuk Penulis Winpoin.com juga bebas Copy Paste... dengan Menyertakan Link Forum Winpoin saja (Ehmmm... Mas Febian)
     
    Last edited: Nov 15, 2018
  2. windows89

    windows89 Active Member

    Joined:
    Feb 11, 2015
    Messages:
    866
    Screenshot_22.png

    OTW Experimen :v
     
  3. windows89

    windows89 Active Member

    Joined:
    Feb 11, 2015
    Messages:
    866
    Screenshot_23.png

    dih asw
     
  4. vinsenliu

    vinsenliu Well-Known Member

    Joined:
    Oct 27, 2013
    Messages:
    1,071
    Ya lewat.... Boot USB lah... Ya kali... Bisa dari Windows 10 Turun ke Vista... :D:D
     
  5. Hanif Avicinna

    Hanif Avicinna Member

    Joined:
    Jan 11, 2015
    Messages:
    136
    • Komputer lama saya Windows XP bawaan Dell dan sudah saya update terus dan sudah terpasang Microsoft Security Essential. Update definition sih sudah nggak terlalu sering update.
    • Di laptop pakai Windows Vista Business (Product key dapet dari laptop temen yang nggak tau stiker itu buat apaan :'P:'P) dan masih update and lancar
    • Ada komputer satu lagi pakai Windows 98 SE, sudah nggak ada update dari Microsoft, tapi masih mencari-cari update dari internet archive.
    • Laptop utama saya masih pakai Windows 7 Home Premium (Bawaan Laptop) masih update dan lancar
     
  6. Ricky Yohanes

    Ricky Yohanes Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2015
    Messages:
    1,489
    Gile lu gan, setia banget dengan Windows Gagal :D:D:D. Tapi tidak apa - apa sih. Kalo AMD E2 jalan Windows 8.1 mulus ga sih? Pengen downgrade soalnya pakai Windows 10 lumayan banyak delay.
     
  7. vinsenliu

    vinsenliu Well-Known Member

    Joined:
    Oct 27, 2013
    Messages:
    1,071
    Bukannya Microsoft Security Essential udah gak dukung Windows XP dan Vista ya?

    Windows Gagal tapi setidaknya gak pernah Hapus file Otomatis dan Turunin lisensi dari Pro ke Home kan? (Hmmm... Windows 10 1809 worst than Windows Vista ?)

    Seharusnya Bisa ya ke Windows 8.1 dengan AMD E2 ..
     
  8. Hanif Avicinna

    Hanif Avicinna Member

    Joined:
    Jan 11, 2015
    Messages:
    136
    Ya Microsoft Security Essential emang sudah tidak didukung, tapi waktu ngecek Windows Update di XP selalu disuruh install itu. Sekarang sih udah ganti Avast
     
  9. Ricky Yohanes

    Ricky Yohanes Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2015
    Messages:
    1,489
    Bener banget sih gan kalo di bandingin:D:D:D. Windows 8 sebenarnya juga ga terlalu gagal banget kok. Dibuktikan dengan fitur keamanan baru dan fitur startup yang berguna banget.
     
  10. windows89

    windows89 Active Member

    Joined:
    Feb 11, 2015
    Messages:
    866
    tapi katanya yang paling gagal itu Windows ME :v
     
  11. Ricky Yohanes

    Ricky Yohanes Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2015
    Messages:
    1,489
    Benar sekali itu mah :D, itu mah paling gagal diantara yang gagal :hihi:. Windows yang paling tidak stabil dan sering crash serta performa yang sangat buruk pada waktu itu. Fitur system restorenya pun tidak terlalu berguna pada waktu itu, hingga akhirnya disempurnakan di Windows 2000, Windows legend sebelum XP lahir.
     
  12. Ricky Yohanes

    Ricky Yohanes Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2015
    Messages:
    1,489
    Buat masukan aja gan. Kalo sekarang, cek update pertama kali itu memakan RAM yang sangat - sangat - sangat besar, karena nantinya pasti mengumpulkan database update KB yang ingin diinstall dari awal rilis hingga sekarang, meskipun udah terinstall SP2 sekalipun. Tidak sepertu dahulu pas Windows Vista dirilis 1 bulan setelahnya, cek updatenya cepat.
    Lebih lagi tidak bisa cleanup outdated Windows Update yang pastinya akan banyak memakan space harddisk, lebih lagi pada waktu itu laptop masih sangat trend dengan harddisk kapasitas 160 GB dan Intel Core 2 Solo atau Duo.
     
    • Informatif Informatif x 1
  13. raxion

    raxion Well-Known Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    1,118
    udah cukup betah di win10 baru meski terkadang kangen xp
     
  14. vinsenliu

    vinsenliu Well-Known Member

    Joined:
    Oct 27, 2013
    Messages:
    1,071
    Saatnya mempersiapkan PC Pentium 4 untuk Windows ME
     
  15. Hanif Avicinna

    Hanif Avicinna Member

    Joined:
    Jan 11, 2015
    Messages:
    136
    masih punya saya PC Pentium 4 tapi pake Windows XP
    Masih ada PC Pentium 3 tapi pakai Windows 98 SE
    Skip Windows ME karena you know...
     
  16. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,329
    bener.
    masih stabilan Windows 98 sama Windows 2000 dibanding ME.
    the legend tuh sebenernya win 98.
     

Share This Page