1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share Tips untuk Tetap Aman Menggunakan Windows XP di 2018 hingga 2019.

Discussion in 'Windows Jadul' started by Ricky Yohanes, Jan 8, 2018.

  1. Ricky Yohanes

    Ricky Yohanes Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2015
    Messages:
    1,378
    Jika agan kebanyakan sudah menggunakan WIndows 10 (termasuk saya sendiri) atau WIndows 7, pasti ada sedikit atau lumayan banyak PC yang masih menggunakan sistem operasi Windows XP dengan alasan tertentu. JIka sebagian pengguna yang mungkin masih sangat nyaman dengan Windows XP, berikut saya berikan tips untuk tetap aman meskipun anda tidak lagi mendapatkan lagi security patch dari Microsoft. Berikut ini tipsnya:
    1. Gunakan WIndows XP yang ada SP3-nya. Ini penting. Meski hanya berbasis 32-bit, tetapi WIndows XP dengan SP3 lebih kebal daripada Windows XP 64-bit yang notabene hanya mendapatkan SP2.
    2. Update Windows XP kamu secara keseluruhan, tidak hanya pada critical update saja. Setelah itu, Patch Windows Update database kamu dengan update Windows XP Embedded dan WIndows PosReady 2009 yang notabene didukung sampai 2019. Kodenya ini:
    Code:
    Windows Registry Editor Version 5.00
    [HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMWPAPosReady]
    "Installed"=dword:00000001
    Masukkan di notepad, kemudian save sebagai .reg
    3. Gunakan Avast Antivirus. Jangan gunakan Microsoft Security Essentials, karena sudah tidak didukung lagi. Avast merupakan salah satu anti
    virus yang masih mendukung WIndows XP hingga saat ini.
    4. Gunakan Firefox. Meski hanya mentok di versi 53, setidaknya Mozilla masih memberikan security update untuk browser ini. Pasang juga ekstensi adblock untuk mencegah pop-up bertebaran dimana - mana.
    5. Gunakan Microsoft Office 2010. Ini wajib juga, berhubung dukungan Microsoft Office 2007 sudah berakhir. Dan pastikan Office kamu selalu up-to-date.
    6. Usahakan untuk tidak memakai *****. Ini jika tidak dalam keadaan darurat saja.
    7. Jangan membuka website atau mengunduh berkas dari website yang tidak terpercaya. Ini penting jika anda sedang mencari suatu program.
    8. Upgrade Windows jika anda sudah siap migrasi. Ini penting jika dukungan Windows XP sepenuhnya sudah berakhir.

    Sekian dari tips saya, silakan dikoreksi jika ada kesalahan.
     
  2. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,308
    koreksi dikit untuk yang nomer 2

    kalo gw ga salah inget, sekarang patch untuk Windows XP Embedded yang dipasang di Windows XP biasa (Registry Hack) udah di blokir sama Microsoftnya.

    tapi kalo emang masih bisa digunakan, ya bagus.
     
  3. raxion

    raxion Well-Known Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    1,106
    Mungkin sebagai alternatif, bisa pakai windows 7 32-bit karena secara keamanan dan fitur windows xp jgua udah ketinggalan banyak
     
  4. Ricky Yohanes

    Ricky Yohanes Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2015
    Messages:
    1,378
    Ralat gan:
    Untuk registry hack sudah tidak bisa digunakan lagi. Jadi registry hack hanya bisa digunakan untuk menginstall software yang belum update di komputer. Jadi Windows XP tinggal 1/2 nyawa lagi.
     
  5. Kiamhu

    Kiamhu Member

    Joined:
    Jun 14, 2017
    Messages:
    58
    Selain AntiVirus, pakai juga Firewall untuk menggantikan keterbatan Firewall Windows XP (karena hanya 1 arah saja).

    Pakai juga HIPS untuk menggantikan User Account Control.
     
  6. Ricky Yohanes

    Ricky Yohanes Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2015
    Messages:
    1,378
    Untuk antivirus, pakai Avast yang sampai saat ini masih mendukung Windows XP dan untuk meminimalisir datangnya ransomware, block koneksi port 220.
     
    • Setuju Setuju x 1
  7. Ricky Yohanes

    Ricky Yohanes Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2015
    Messages:
    1,378
    Beberapa sedikit info tentang limitasi hradware pada Windows XP:
    1. Prosessor yang didukung paling baru adalah Intel i-series gen 4. Diatas itu sudah tidak didukung lagi. Kecuali dalam VM, karena VM sebenarnya mengemulasikan hardware lama (contohnya IDE, CD Drive, dan Intel Proset 1000 series)
    2. Jika mempunyai RAM lebih dari 4 GB, biarkan saja, karena pasti akan terdeteksi 3.8 GB pada 32-bit. Bisa memakai Windows XP x64 bit edition, tapi sangat tidak disarankan.
    3. Sudah dari awal rilis Windows XP tidak mengenal SATA, jadi dalam instalasi Windows XP, anda harus menambahkan dahulu driver USB3 dan AHCI driver dengan tool reimage.
    4. Jika BIOS anda tidak bisa menggunakan CSM, pasti anda tidak bisa menggunakan Windows XP, karena Windows XP tidak mengenal EFI dan tidak ada file EFI untuk boot ke Windows XP.
    5. Windows XP tidak mengenal GPT sama sekali.
    6. VGA card paling baru yang didukung Windows XP adalah NVIDIA GTX 950 Ti.
    7. Windows XP tidak mengenal Intel TXE (Windows 7 aja tidak mendukung), Intel Speedstep, dan tidak semua SSD yang dikenal Windows XP. XP juga tidak mengenal SSD Card dalam motherboard gaming.
     
    Last edited: Jan 31, 2018

Share This Page