1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

[Trik] Backup dan Restore Driver Windows

Discussion in 'Software' started by Oelek Boeloe, Aug 26, 2015.

  1. Oelek Boeloe

    Oelek Boeloe Well-Known Member

    Joined:
    Mar 18, 2015
    Messages:
    2,181
    Selamat siang semua, disini ane mau share trik buat backup dan restore driver windows nih. Kita semua tau, kalau driver termasuk komponen penting yang harus ada / terinstal di windows. Untuk mengindari kesulitan saat mencari driver lagi setelah instal ulang, biasanya sebagian user akan membackup drivernya agar bisa digunakan lagi nanti. Hal ini akan saat berguna, terlebih jika kita tidak memiliki CD/DVD driver bawaan PC, atau kalaupun ada, seringkali CD/DVD tersebut hanya mendukung OS lawas.

    Contoh kasus, kita memiliki PC dengan CD driver bawaan windows 7, dan kita melakukan upgrade ke windows 10, ternyata setelah dicek di situs resminya vendor belum menyediakan driver khusus windows 10, jadinya kita mengupdate driver via windows update atau via sotware driver updater (seperti IObit Driver Booster misalnya) dan akhirnya semua driver berhasil terinstal. Masalahnya, karna kita tidak memiliki master drivernya, jadi saat mau menginstal driver setelah instal ulang, kita harus melakukan update lagi. Susah bukan ? Lain ceritanya jika kita membackup driver yg terinstal tsb sebelumnya, setelah instal ulang kita hanya perlu merestore drivernya kembali.

    Sebenarnya ada banyak tool buat membackup driver, tapi disini kita akan menggunakan software Glary Utilities. Btw, sebenarnya glary tdk hanya berfungsi untuk backup driver, tetapi juga merupakan utilities untuk maintenance windows, sama seperti CCleaner.

    Sebelum melakukan backup dan restore driver, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan :
    1. Backup dan restore driver hanya berlaku untuk windows yang sama. Contoh, jika kita membackup driver di windows 8.1, kemudian menginstal windows 10, maka driver yang dibackup tsb tidak bisa direstore di windows 10 (karna OSnya beda). Kalaupun bisa, mungkin hanya sebagian, itupun jika drivernya masih kompatibel, namun hal ini sangat tidak disarankan.
    2. Selain OSnya sama, tipe bit-nya juga harus sama, jika sebelumnya dibackup di windows 8.1 32bit, maka direstorenya juga harus di windows 8.1 32bit. Btw, untuk versi windowsnya sendiri ngga berpengaruh, entah itu versi Pro, Home, Enterprise, dsb.
    3. Sebaiknya, backup dan restorelah driver dengan menggunakan sofware yang sama (dalam kasus sekarang, Glary Utilities)
    4. Simpanlah file backup dengan cara dan di tempat yang aman. Sebaiknya file backup tersebut kita simpan kedalam format zip atau rar, untuk menghindari kemungkinan filenya terinfeksi virus jika PC kita terkena virus. Jangan lupa simpan file backup di lokasi yang aman, untuk menghindari file terhapus / terformat (ex, di partisi C, flashdisk, dsb)
    5. Karna driver terikat dengan hardware, maka untuk backup dan restore driver harus untuk hardware yang sesuai dengan OS yang sesuai, misalnya kita mempunyai backup driver laptop merek A seri B di windows 7 32bit, jika ada laptop lain dgn tipe, seri, dan OS yang sama, maka bisa "ditransfer" drivernya.
    OK, langsung saja..berikut tutorialnya...
    1. Buka glary utilities, pilih tab 1 click maintenance, kemudian klik panah hidden optionnya
    Screenshot (122).png
    2. Plih opsi driver manager
    Screenshot (123).png
    3. Untuk membackup driver, klik tab backup, atur lokasi penyimpanan backup dan klik backup selected driver.
    Screenshot (124).png
    4. Agar backup driver lebih aman, simpan dalam bentuk rar/zip (bisa dgn winrar, 7zip, dsb) dan simpan di lokasi yang aman. File backup tsb terdiri atas file2 berformat dll dan exe, jadi rentan terkena virus. Oleh karna itu dengan menyimpannya ke dalam format rar/zip, file backup menjadi lebi aman dari kontaminasi virus.
    Screenshot (127).png
    5. Untuk merestore driver, pilih tab restore, pilih lokasi backup driver yg sudah dibuat sebelumnya, dan klik restore selected driver.
    Screenshot (126).png
    6. Done, gampang kan ?

    Sekian, semoga bermanfaat :D
     
    • Bermanfaat Bermanfaat x 4
  2. ElangSBP

    ElangSBP Well-Known Member

    Joined:
    May 4, 2015
    Messages:
    1,061
    Terimakasih Sudah Mau Sharing , Saya Biasanya Gak Backup Driver Karena Masih Punya Driver Vendor Sama Driver Pack Tapi Bolehlah Mencoba-Coba Yang Lain Dulu :D
     
  3. Febian

    Febian Administrator Staff Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    8,029
    Tips yang maknyus, thanks for sharing :D
     
  4. Oelek Boeloe

    Oelek Boeloe Well-Known Member

    Joined:
    Mar 18, 2015
    Messages:
    2,181
    Sip, silakan dicoba.
    Sama2 mas @Febian , seneng bisa berbagi :)
     

Share This Page