1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share Trik Membuat Windows 10 Lebih Ringan dan Efisien

Discussion in 'Windows 10' started by Oelek Boeloe, Aug 23, 2015.

  1. Oelek Boeloe

    Oelek Boeloe Well-Known Member

    Joined:
    Mar 18, 2015
    Messages:
    2,166
    Selamat siang semua, disini ana mau ngeshare sedikit trik nih buat Windows 10 supaya semakin ringan dan efisien. Btw, walaupun judulnya buat windows 10, tapi prinsipnya juga berlaku kok buat windows-windows versi sebelumnya, cuman ya langkah2nya aja yang sedikit berbeda. OK, langsung aja, disini ada beberapa cara yang dapat kita lakukan, yaitu :

    1. Matikan startup program dan services yang tidak perlu.
    Untuk startup program bisa dinonaktifkan via task manager atau pake aplikasi pihak ketiga spt CCleaner.
    1a.png
    1b.png

    Atau kalau agan2 ingin pengaturan yang lebih lengkap, agan2 bisa menggunakan sotware Autoruns dari Sysinternal yang bisa agan download disini. Untuk menonaktifkan item yg tidak perlu, cukup diunceklis saja dan jangan lupa, jalankan aplikasi Autoruns dgn hak sbg Admin (Run As Admin).
    Autoruns-Sysinternals_-www.sysinternals.com_.png

    Sementara untuk services, bisa dinonaktifkan dengan membuka services.msc* (*Agan mesti tau fungsi dari services yg dimatikan, agar tidak mematikan services yg penting)
    Screenshot (94).png

    Hal ini akan membuat windows semakin cepat, terutama saat startup. Jadi saat PC dihidupkan, loadingnya bisa lebih cepat, karna hanya akan menjalankan program yang telah dipilih saja.
    (Note : Untuk antivirus wajib berjalan otomatis, karna diperlukan untuk perlindungan secara realtime)

    2. Uninstal aplikasi yang tidak perlu, dan instal aplikasi yg dibutuhkan saja.
    Aplikasi yang tidak terpakai hanya akan "memakan" kapasitas hardisk dan kalau memiliki service yang berjalan secara background, ia juga akan "memakan" resource PC seperti memori dan prosesor.
    2a.png
    2cc.png

    3. Tidak harus selalu menggunakan aplikasi versi terbaru.
    Kalau aplikasi lawas saja sudah memenuhi kebutuhan, rasanya tidak begitu perlu make aplikasi versi baru (kecuali buat antivirus, mesti update terus dong). Aplikasi office misalnya, kalo yang versi 2007 udah memenuhi kebutuhan, berarti ngga harus upgrade ke versi terbaru bukan ? Selain harus punya lisensi baru, software terbaru juga membutuhkan resource yang lebih besar daripada pendahulunya, dan PC serta versi OS yang kita gunakan juga harus memenuhi persyaratan minimal software tsb.

    4. Matikan aplikasi (yg tdk dibutuhkan) yang berjalan secara background.
    Beberapa aplikasi bisa berjalan secara background walaupun tidak kita buka, jadi kalau dirasa tidak perlu, matikan aja.
    3.png


    5. Kurangi / matikan efek visual windows.
    Efek2 spt transparency, drop shadow, efek animasi, dsb. memang nyaman dipandang mata, namun ia tetap memerlukan resource PC untuk menjalankannya (terutama memori), kalau agan lebih mementingkan performa, efek2 ini bisa dimatikan.
    4c Visual Effect.png
    Screenshot (98).png

    6. Kalo bisa dan sempat menjalankan aplikasi secara manual, matikan aja fitur otomatisnya.
    Beberapa software (terutama buat maintenance) memiliki fitur layanan otomatis, spt automatic defrag, automatic scan, dsb. Memang fitur ini sangat praktis, tapi buat pc dengan spek pas2an, cukup memakan resources. Misalnya kalau kita bisa melakukan defrag secara manual dan teratur, bisa dimatikan layanan defrag otomatisnya.
    5a.png

    7. Instal utilities maintenance pihak ketiga
    Cara ini juga bisa membantu, seperti ccleaner, tune up utilities, advanced system care, glary utilities, dsb. Program-program tsb bisa membantu membersihkan file-file sampah, memperbaiki eror di registry, mendefrag harddisk, backup, dsb. shg windows bisa bebas error dan berjalan lebih efisien.
    6.png

    8. Defrag hardisk secara berkala (Cuman untuk HDD, tidak untuk SSD).
    Susunan file yang teratur bisa membuat hardisk bekerja semakin efisien shg windowspun dapat bekerja semakin efisien.
    7.png


    9. Selalu update windows dan driver hardware.
    Update pada windows bisa membuatnya semakin stabil, aman dan efisien. Update driver juga membuat kinerja hardware semakin efisien (bahkan bisa meningkatkan performa hardware) sehingga windows bisa bekerja semakin efisien.

    10. Untuk startmenu, kurangi penggunaan live tiles.
    Memang fitur live tiles sangat bermanfaat, karna tiles akan memperbaharui informasi secara otomatis. Namun hal ini tentu membutuhkan resource untuk menjalankannya, yakni services untuk memperbaharui informasi pada tiles secara berkala, selain itu hal ini membutuhkan koneksi internet juga tentunya. Penggunaan live tiles yg tdk terlalu banyak setidaknya juga bisa mempercepat loading saat kita mengakses startmenu. Jadi intinya, tetap sisakan yg diperlukan saja, hehehe. Kyk ane live tilesnya cuman cuaca doang, hehehe :D

    Screenshot (127).png

    11. Kalau ada aplikasi yg fungsinya sama, kenapa harus menginstal banyak aplikasi dgn fungsi yg sama sekaligus ?
    Sebenarnya satu aplikasi utk satu kebutuhan tertentu saja sudah cukup misalnya saja browser yang fungsi utamanya utk berselancar di jagat maya. Terkadang (bahkan sering malahan) user menginstal banyak aplikasi dgn fungsi yg sama pc mereka, seperti user yang memasang beberapa browser sekaligus di pcnya, padahal fungsinya sama saja.

    Hal ini tentu berperan dalam "memakan" resource pc, karna setiap browser membutuhkan space di harddisk utk ruang instalasinya, belum lagi space yg dibutuhkan utk menyimpan cache, cookie, password, setting, addons, dsb oleh setiap browser. Bayangkan saja, jika agan menginstal 2 browser pihak ketiga saja di windows 10, berarti di pc agan sdh terdapat 4 browser sekaligus (IE, ME dan 2 browser tadi), terasa mubazir bukan ?

    Dalam kasus lain, ada juga user yg menginstal program yang sama namun versinya berbeda secara bersamaan dalam satu pc, misalnya saja menginstal office 2013 dan 2016 sekaligus, Photoshop CS3 dan CC sekaligus, CorelDRAW X4 dan X7 sekaligus, dsb. Intinya aplikasi yg sama dan fungsinya sama, hanya versinya saja yg berbeda.

    Kasus2 tsb tentu bisa dikatakan mubazir, terutama bagi resource pc (namun beda ceritanya, kalau yg melakukannya developer, karna mereka memiliki alasan tertentu, spt utk ujicoba, masalah kompatibilitas, dsb selain itu hardware yg mereka gunakan umumnya juga mumpuni). Jadi intinya, satu aplikasi saja sebenarnya sudah cukup.

    12. Menginstal aplikasi serbaguna / serbabisa / All in One bisa menggantikan fungsi banyak aplikasi.
    Opsi ini juga bisa mengurangi beban bagi pc, karna dgn satu aplikasi saja bisa menggantikan peran banyak aplikasi sekaligus, misalnya saja kita menginstal satu browser pintar, dimana ia bisa berfungsi sbg browser pd umumnya, sdh include download manager, support torrent, dsb.

    Contoh lain, spt dalam tool untuk maintenance, sekarang sdh banyak yg membuat aplikasi maintenance dalam fungsi serbaguna, spt bisa membersihkan registry, junkfiles, dan temporary file, selain itu juga bisa mendefrag HDD, fungsi tweak, costumisasi, bahkan include fungsi antivirus, dsb. Jadi kita tidak harus menggunakan aplikasi yg berbeda2 satu per satu.

    13. Pilih aplikasi yg hemat resource
    Banyak aplikasi yang ditawarkan oleh pengembang, jadi kita bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pc kita tentunya. Misalnya saja, kalau agan hanya ingin membaca file pdf, menurut ane aplikasi yg ringan spt stduviewer atau sumaterapdf yang berukuran kecil saja sudah cukup, jadi ngga harus menggunakan aplikasi pdf reader yg berukuran besar, spt adobe reader, foxit reader, nitropdf, dsb.

    Contoh lain misalnya aplikasi archiver, 7zip atau winrar yg ukurannya lumayan kecil (1MB-an) sudah powerful kok, jadi ngga harus aplikasi yg gede juga kyk power archiver, WinZIP, dsb yang ukurannya mencapai puluhan MB.

    Namun tentu kita tahu bahwa aplikasi yang berukuran kecil memiliki keterbatasan dari segi fitur, namun kalau aplikasi tsb sudah memenuhi kebutuhan (dan fitur2 ekstra tsb tdk kita perlukan), apa salahnya ? Intinya, aplikasi yang tersedia saat ini sangat banyak, jadi kita bisa memilih aplikasi mana yg tetap bisa memenuhi kebutuhan kita dan hemat resource tentunya.

    14. Batasi jumlah addons dan toolbar pada browser
    Dengan mengurangi beban browser, seperti toolbar dan addons didalamnya tentu ikut berperan dalam mengurangi beban pc terutama saat kita browsingan. Memang toolbar dan addons tsb memperkaya fitur browser, namun kalau kebanyakan tentu akan menjadi beban tersendiri bagi browser.

    Disini ane ada 2 trik lagi yang sebenernya eksperimen ane sendiri sih, tapi mungkin juga bisa sedikit meringankan kinerja sistem, yaitu :
    a. Membagi partisi C menjadi 2 partisi tersendiri (C dan D) dan mengalihkan folder instalasi program ke D.
    Jadi, ukuran partisi C menjadi lebih kecil (bisa sedikit lebih ringanlah buat startup *menurut ane sih) dan karena kebanyakan program ane alihkan instalasinya ke partisi D dimana fragmentasi data di partisi D lebih sedikit dibanding partisi C, jadi logikanya, setidaknya loading program bisa sedikit lebih cepat. Trik ini cuman buat yg make HDD ya, bukan SSD :D

    b. Menghapus komponen aplikasi yang tidak penting.

    Mungkin cara ini terbilang ekstrim, tapi paling tidak lumayanlah untuk meringankan kinerja sistem. Ya, secara default kebanyakan aplikasi menginstal komponen2 yang sebenarnya tidak semua user membutuhkanya, misalnya saja file bahasa, tema, skin, toolbar, dsb. Dengan menghapus komponen2 yang tidak diperlukan ini, maka hardisk bisa sedikit lebih lega, memang sih ngga banyak, tapi paling tidak lumayanlah :D

    Disini agan2 perlu berhati-hati agar tidak menghapus komponen yg penting. Beberapa komponen yg pernah ane coba hapus misalnya, file bahasa IDM, PowerISO, CCleaner, Glary Utilities, dsb. selain itu ada juga skin2 aplikasi yang tidak ane gunakan juga ane hapus.

    IDM.png


    Sekian, kalau ada yang mau menambahkan silahkan ...
     
    Last edited: Feb 24, 2016
    • Informatif Informatif x 9
    • Bermanfaat Bermanfaat x 4
    • Like Like x 1
  2. TebuCT

    TebuCT Member

    Joined:
    Nov 30, 2014
    Messages:
    78
    Nice share gan..

    Bookmark dulu.. Hehehe..

    :hehe:
     
  3. raven

    raven New Member

    Joined:
    Mar 22, 2015
    Messages:
    23
    sip gan :)
     
  4. Oelek Boeloe

    Oelek Boeloe Well-Known Member

    Joined:
    Mar 18, 2015
    Messages:
    2,166
    Sip, silahkan gan ...
     
  5. ragaadin

    ragaadin Active Member

    Joined:
    Jun 19, 2015
    Messages:
    714
    oh iya, mau tanya caranya tau hardisk itu ssd atau hdd gimana?
     
  6. Oelek Boeloe

    Oelek Boeloe Well-Known Member

    Joined:
    Mar 18, 2015
    Messages:
    2,166
    Waduh, kurang tau juga sih. Palingan tau pas belinya aja jadi bisa dilihat di spesifikasi produknya, atau bisa kita cek spek seri lepi kita di situs resminya (buat kompi, ngga tau deh). Tapi umumnya sebagian besar PC masih memakai HDD, sedangkan yang pakai SSD biasanya PC keluaran terbaru dan kelas high end (jarang banget, soalnya SSD masih tergolong mahal)
     
    • Like Like x 1
  7. ragaadin

    ragaadin Active Member

    Joined:
    Jun 19, 2015
    Messages:
    714
    oh begitu, terimakasih banyak infonya
     
  8. vjmalvin

    vjmalvin New Member

    Joined:
    Aug 23, 2015
    Messages:
    7
    Ijin bantu jawab nih agan-agan,suhu-suhu,kalo diwind 10 ssd otomatif kedetec kok,langsung dikenal ama wind 10 nya :D
     
  9. doblonk

    doblonk Member

    Joined:
    Jan 28, 2015
    Messages:
    58
    mantap nih infonya :gila:
     
  10. Limin

    Limin New Member

    Joined:
    Aug 23, 2015
    Messages:
    3
    Assalamu'alaikum..Warohmatullahi..wabarokatuh..
    Teman-teman saya mau nanya nih, saya ada problem dalam mendapatkan notifikasi windows 10. Begini Kronologinya, kemarin saya baru clean instal laptop saya dengan windows 8.1, setelah saya update sampai update terbaru, saya belum juga mendapatkan notifikasi itu, kemudian saya cari digoogle dan ada cara untuk memunculkan notifikasi tersebut dengan cara membuat semacam kode-kode di instal menggunakan CMD dan kode-kodenya seperti dibawah ini:


    REG QUERY “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\AppCompatFlags\UpgradeExperienceIndicators” /v UpgEx | findstr UpgEx
    if “%errorlevel%” == “0” GOTO RunGWX
    reg add “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\AppCompatFlags\Appraiser” /v UtcOnetimeSend /t REG_DWORD /d 1 /f
    schtasks /run /TN “\Microsoft\Windows\Application Experience\Microsoft Compatibility Appraiser”
    :CompatCheckRunning
    schtasks /query /TN “\Microsoft\Windows\Application Experience\Microsoft Compatibility Appraiser”
    schtasks /query /TN “\Microsoft\Windows\Application Experience\Microsoft Compatibility Appraiser” | findstr Ready
    if NOT “%errorlevel%” == “0” ping localhost >nul &goto :CompatCheckRunning
    :RunGWX
    schtasks /run /TN “\Microsoft\Windows\Setup\gwx\refreshgwxconfig”


    Tulisan REG QUERY saya hilangkan, karena disuruh dihapus oleh penulis di website tersebut setelah saya ikuti langkah-langkah tersebut dan ternyata notifikasi windows 10 di laptop saya muncul.

    Yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. Apakah menggunakan kode-kode tersebut tidak melanggar ketentuan dari pihak Microsoft atau Windows karena dari Pihak Microsoft atau Windows yang saya tahu tidak ada mengeluarkan kode-kode tersebut?
    2. Apakah kode-kode tersebut dapat membahayakan sistem keamanan windows saya, jika dalam kode-kode tersebut mengandung kode-kode yang berbahaya?
    Mohon penjelasannya ya teman-teman ;)
     
  11. Oelek Boeloe

    Oelek Boeloe Well-Known Member

    Joined:
    Mar 18, 2015
    Messages:
    2,166
    Sebaiknya dibuatin thread tersendiri gan, tapi ngga apa2lah.
    Menurut ane :
    1. Ane rasa ngga masalah, soalnya bisa saja notifikasi upgrade tidak selalu muncul dgn lancar, jadi diperlukan sedikit trik buat mereka yg sdh update dan blm mendapat notifikasi.
    2. Kayaknya sih aman2 saja, soalnya script tsb memang menjalankan program milik microsoft sendiri.
    Ane kutip dari http://teknologi.metrotvnews.com/re...upgrade-ke-windows-10-ini-cara-memunculkannya.

    "Program tersebut adalah Microsoft Compatibility Appraiser. Program ini akan berjalan selama 10 hingga 30 menit. Jika program tersebut masih belum dapat memunculkan notifikasi upgrade, berarti Anda kehilangan beberapa file update pada Windows Anda"

    Saran ane, lebih baik upgradenya manual via ISO saja, ngga dapet notifikasipun ngga apa2, asalkan PC kita sudah memenuhi persyaratan minimal buat upgrade ke win 10. Kelebihannya, kita punya master win 10 yg bisa dipakai berulang kali, bisa buat troubleshooting / repair, dan bisa juga digunakan untuk instal netframework 3.5 secara offline. Selain itu kalau kita mendownload ISO secara langsung pake download manager (spt IDM) proses downloadnya bisa lebih cepat.
     
    • Like Like x 1
  12. Limin

    Limin New Member

    Joined:
    Aug 23, 2015
    Messages:
    3
    Mohon maaf sebelumnya mas, sebelumnya saya sudah ada buat thread dengan masalah yang sama, tpi saya lihat saudara lebih aktif menjawab pertanyaan dari teman-teman jadi langsung saja saya tanya ke ahlinya..Hehehehe..

    Owh itu gak masalah ya mas, saya takut itu melanggar ketentuan dari Microsoft atau Windows Mas...Hehehehe...
    Klo instal lewat iso file itu hanya untuk upgrade saja atau bisa juga untuk clean instal mas???
    Makasih ya Mas...
     
  13. jovanzers

    jovanzers Member

    Joined:
    Jan 3, 2015
    Messages:
    814
    bermanfaat nih buat yg butuh gan :D
    thanks sharenya (y)
     
  14. Oelek Boeloe

    Oelek Boeloe Well-Known Member

    Joined:
    Mar 18, 2015
    Messages:
    2,166
    Ooo, gitu ya gan. Sip sama2. Btw, ane sih sebenarnya ngga aktif2 amat, tapi kalo ane sempat dan ane bisa bantu, ya dibantuin deh. Kemarin2 juga lagi libur, jadi ngga ada kerjaan, banyak mantengin forum aja jadinya, wkwkwk (maaf, kalo kebawaan curcol :p)
     
    • Funny Funny x 1
  15. Oelek Boeloe

    Oelek Boeloe Well-Known Member

    Joined:
    Mar 18, 2015
    Messages:
    2,166
    Sundul dikit, hehehe :D
     
  16. Rabbil AR

    Rabbil AR Member

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    493
    Nice info :)
    apa cuma ane yg abis baca ini mikir dan langsung melaksanakan :D
     
  17. Oelek Boeloe

    Oelek Boeloe Well-Known Member

    Joined:
    Mar 18, 2015
    Messages:
    2,166
    Hahahaha, emang gitu ya gan ? Btw, ngga ada salahnya juga kan dilaksanakan, hehehe :D
     
  18. Raju Iranda Putra

    Raju Iranda Putra New Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    8
    wah iya benar banget buat masalah menginstal aplikasi yang punya fungsi yang sama , mending instal salah satu saja,,,
    nice info :sungkem:
     
  19. Oelek Boeloe

    Oelek Boeloe Well-Known Member

    Joined:
    Mar 18, 2015
    Messages:
    2,166
    Hahaha, sip. Thanks gan :D
     
  20. Rabbil AR

    Rabbil AR Member

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    493
    hha iya gan habis laptop ane spek nya pas2an jd ya ane langsung lakuin :D
     

Share This Page