1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Share [Trik] Mengatur Startmenu Item di Windows 10

Discussion in 'Windows 10' started by Oelek Boeloe, Oct 24, 2015.

  1. Oelek Boeloe

    Oelek Boeloe Well-Known Member

    Joined:
    Mar 18, 2015
    Messages:
    2,181
    Pada kesempatan kali ini ane mau share sedikit trik nih, mungkin sebagian dari agan2 sudah pada tau, yaitu mengatur item shortcut di startmenu. Btw, nih trik sebenarnya hasil iseng ane juga sih, tapi kali aja berguna, jadi ane share deh, hehehe
    Sesuai dgn judul trit, disini kita akan mengatur item apa saja yang tampil di startmenu windows 10, terutama di bagian All Apps. Sebenarnya, kumpulan shortcut dan folder yang berisi shortcut ini yang tampil di startmenu berada dalam satu folder program yang terletak di :

    C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs

    Penampakan di pc ane :
    Screenshot (32).png


    Disinilah triknya, dimana kita bisa mengurangi atau menambah isi pada folder program tersebut (dalam hal ini shortcut program). Jadi kita bisa mengatur shortcut apa saja yang nantinya ditampilkan di starmenu, bisa dengan meremove shortcut tertentu yg sudah ada, maupun menambahkan shortcut yang baru.
    Jadi kita bisa mengurangi shortcut di startmenu biar ngga kebanyakan, atau supaya kita terhindar dari membuka shortcut tertentu secara tak sengaja, seperti shortcut uninstal suatu program misalnya.

    Misalkan ane ingin meremove shortcut Video Tutorial di dalam folder CorelDRAW Graphics Suite X7.
    Berikut penampakannya.
    1.png
    Setelah shortcutnya ane remove (bisa dengan didelete atau dipindahkan ke folder lain)
    2.png

    Untuk item-item shortcut yang lainnya, agan bisa lakukan cara yang sama seperti contoh di atas.

    Sedikit catatan, untuk berjaga-jaga, sebaiknya shortcut yang diremove tadi dicut aja (tdk didelete), kemudian dipindahkan ke folder lain sebagai backup (opsional sih sebenarnya). Jadi kalau nanti ingin dikembalikan, atau ingin membuka item tsb, kita sdh tau tempatnya.

    Penampakan beberapa shortcut di startmenu yang ane backup ....
    Screenshot (35).png

    Sekian, semoga bermanfaat :)
     
    • Bermanfaat Bermanfaat x 3

Share This Page