1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Ask Ubuntu 16 Lancar tapi windows 7-10 bikin laptop srg mati

Discussion in 'Windows 8' started by superD, Oct 21, 2016.

  1. superD

    superD New Member

    Joined:
    Oct 21, 2016
    Messages:
    7
    Mau tanya nih.. Laptop saya Asus K45DR 64bit (AMD A8-4500, RAM 4GB DDR3, AMD Radeon HD7640G dan HD 7470M Dual Graphics with 1GB DDR3 )

    Sejarah

    • Awalnya saya sering maksa gunakan laptop untuk keperluan multitasking dengan aktifkan dual monitor (Laptop+LED monitor dengan resolusi berbeda)
    • Setelah 1th+ terjadi flicker di layar,
    • Laptop kemudian error, kemampuan VGA turun drastis,
    • update driver dari website Asus+AMD dan upgrade OS windows gak nuntaskan masalah.
    • Bahkan kini setiap Motherboard terasa panas laptop sering mati. Bahkan baru bbrp menit dihidupin mendadak mati (posisi matinya tidak benar2 terjadi shutdown ya, karena saat linux diaktifkan, Linux masih menganggap OS windows tsb jalan, terbukti dari kesulitan akses partisi windows)
    • Sudah dicoba semua windows 64bit (7, 8, 8.1 bahkan 10)
    Kemungkinan Masalah
    • Kecurigaan utama saya ada di masalah fisik di VGA krn update driver di situs Asus gak nuntasin masalah. (semua versi driver sudah dicoba, download dari website Asus+AMD)
    • Laptop sudah pernah saya bongkar juga untuk bersih2 dari debu serta ngoles pendingin di CPU+chipset VGA
    Tapi... Uniknya
    Ketika saya instal Linux Ubuntu 14-16 laptop mampu berjalan dengan sangat normal, muter film 1080p lancar dan bening, seluruh driver berjalan baik, dan performa pun terasa gegas.

    Pertanyaannya kira-kira apa yg sebenarnya terjadi antara Laptop saya dengan windows, kalo ada masalah driver kenapa laptop bisa jalan mulus di Ubuntu? Apakah ini kelebihan dari Ubuntu?

    Tapi Terus terang, saat ini saya merasa kesulitan kalo harus memaksakan diri memakai Ubuntu, terkait kebutuhan aplikasi yang hanya tersedia di windows.
     
  2. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,546
    1. jika sering mati saat, kemungkinan sirkulasi pembuang panas udah ga bagus dan kipas sudah tidak bekerja dengan baik. solusinya bersihkan kipas processor dan tambahkan pasta processor yang kualitas bagus pada chip vga dan processor. itu kemungkinan pasta yang kamu gunakan kemarin kurang bagus. tambahan : beri jarak antara sirkular laptop dengan posisi alas setinggi cooling pad. usahakan lubang sirkulasi tidak tertutup.
    2. jangan samakan Linux dengan Windows. performa keduanya jauh berbeda dalam penggunaan resource. Linux lebih kecil dalam penggunaan resource dibanding Windows.
    3. untuk masalah driver, Ubuntu/Linux beberapa menggunakan Generic Driver dan biasanya sudah include saat update OS. tapi ada kelemahan juga untuk ubuntu. driver pada Ubuntu terkadang tidak kompatibel dan dapat menyebabkan stuck boot. tapi ini bisa diatasi dengan Boot Repair.
     
    • Setuju Setuju x 1
  3. superD

    superD New Member

    Joined:
    Oct 21, 2016
    Messages:
    7
    1. Jarak sirkulasi udara panas sudah sangat bagus, laptop nungging dgn jarak 7-8cm-an dgn meja. Tapi mungkin memang pasta masih kurang OK.
    2. Perbandingan harus dilakukan, krn terbukti di laptop saya yg bermasalah ini, Linux OS bisa lancar, sedangkan di windows bermasalah, bukan bearti windows lebih buruk, ini murni pencarian solusi thd penanganan masalah hardware di laptop saya saja sih ;)
    3. Kebetulan dalam kasus ini, driver vga terbaca dgn baik di Linux
    4. Jika saja hackintosh untuk AMD bisa jalan di laptop saya, tentu juga sudah saya cuba,

      but tq mayan informatif infonya
     
  4. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,546
    untuk linux (harusnya) semua tipe device compatible. kalopun ga kompatibel biasanya hanya di VGA Nvidia yang kadang ga support.

    masalah itu memang harus dicari akar masalahnya. tapi kemungkinan besar berasal dari hardware. bisa jadi karena pasta yang kurang baik

    sayangnya Hackintosh memang kurang support sama AMD. bahkan MacOS sendiri hampir ga pernah pake AMD seingat saya.
     

Share This Page