1. Hello Guest, selamat datang di Forum WinPoin. Kamu bisa bertanya, berdiskusi, sharing, dan ngobrolin apapun seputar Windows, Windows Phone, PC, Gadget, atau hal seputar Teknologi lainnya. Selamat berkomunitas! ;)

Ask VGA ATI Radeon dengan nVidia Geforce, Bagus mana ?

Discussion in 'Hardware' started by dimensidata, Sep 10, 2015.

  1. dimensidata

    dimensidata New Member

    Joined:
    Jun 12, 2015
    Messages:
    8
    VGA merupakan kepanjangan dari Video Graphics Adapter yang memiliki tugas untuk menampilkan grafis yang diperintahkan sistem. Radeon dan NVIDIA merupakan dua jenis VGA yang cukup banyak digunakan. Jika Anda seorang gamer maka NVIDIA bisa Anda gunakan untuk lebih mendukung hobi Anda tersebut. Hal ini disebabkan karena tipe VGA ini memiliki sebuah fitur Physx, yakni fitur yang memiliki fungsi agar detail yang nantinya dikeluarkan cukup optimal.

    Sementara jika Anda adalah seorang penyuka tayangan video HD maka tipe Radeon bisa Anda gunakan. Hal ini disebabkan di dalam VGA ini terdapat ekstensi pendukung yang akan membuat tampilan gambar video Anda memiliki resolusi gambar yang cukup tinggi akan tampil dengan lancar. Tipe Radeon juga memiliki fitur UVD yang tidak ada pada NVidia Geforce. Bagi mereka para editor video, maka tipe VGAyang bisa dipilih adalah NVIDIA GeForce. Tipe VGA ini diyakini lebih handal dalam melakukan Rendering Video.

    [​IMG]
    Jadi sebelum memilih tipe VGA Radeon atau NVIDIA Geforce, sebaiknya Anda ketahui dulu apa yang menjadi kebutuhan Anda. Karena meskipun masing-masing memiliki keunggulan, akan tetapi keduanya juga tetap memiliki kekurangan yang juga penting untuk Anda perhatikan. Seperti misalnya, NVIDIAdikenal sebagai perusahaan nomor satu chif sehingga mereka memiliki peluang yang lebih besar untuk menjalin kerjasama dengan pihak pengembang games dan para programmer, sehingga tampilan video game yang dihasilkan sudah pasti jauh lebih baik dengan melibatkan NVIDIA. Sesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan Anda.

    Meskipun demikian, keduanya baik Radeon maupun NVIDIA tetap memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah pada ATI Radeon tidak support physx sementara pada NVIDIA lebih boros pasokan listrik dan jika hendak stereoscopic maka harus SLI. Sedangkan Mobo certified SLI sendiri harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan mobo support CF. Jadi pastikan memang untuk penggunaan NVIDIA tersebut Anda memiliki anggaran yang lebih besar untuk mendapatkan kepuasan tersendiri pada penggunaannya. Selain itu, NVIDIA juga memiliki kualitas yang kurang pada saat memainkan game yang berbasis dirext 9 dan 10, namun untuk dirext 11 memang NVIDIA cukup unggul kualitasnya dibanding Radeon.

    Setelah Anda mengetahu kekurangan dari dua jenis VGA tersebut, pastinya Anda sudah bisa membuat keputusan untuk memilih jenis VGA mana yang akan Anda beli. Hal yang juga sangat penting sebelum memiliki sebuah VGA adalah bahwa Anda harus memastikan motherboard milik Anda haruslah mendukung terhadap tipe VGA yang akan dibeli tersebut. Seperti diketahui, biasanya ada beberapa slot VGA yang ada di motherboard, seperti misalnya Slot PCI Express, AGP dan PCI. Kesalahan Anda membeli tipe VGA yang tidak sesuai dengan slotnya menyebabkan VGA tersebut tidak bisa dipasang atau digunakan.

    Masih bingung memilih VGA yang akan Anda miliki? Jika diibaratkan sebagai dunia otomotif maka NVIDIAdiibaratkan seperti Yamaha sedangan Radeon seperti Honda. Soal harga kedua VGA ini juga sudah cukup bersaing, bandrol harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bagi mereka yang menginginkan keunggulan tayangan aplikasi grafik dan 3D, maka sangat penting untuk menggunakan dan memilih dua tipe VGA tersebut dengan tetap memperhatikan kekurangan dan keunggulan dari keduanya. Apa yang menjadi kebutuhan Anda juga perlu diketahui sehingga Anda bisa membeli sesuai dengan yang dibutuhkan.

    Sumber : http://blog.dimensidata.com/kekurangan-vga-ati-radeon-dengan-nvidia-geforce/
     
  2. ainulfikri

    ainulfikri Member

    Joined:
    Sep 17, 2014
    Messages:
    185
    tapi kadang Radeon juga enak buat ngegame, apalagi setingkat Fx. Yang pasti NVDIA lebih difokuskan ke game, sedangkan Radeon ke Multimedia, jadi menurut ane terserah pilih mana. Tapi biasanya, jika kita pilih NVIDIA, seringnya kita harus beli laptop Intel, kebalikannya Radeon dengan AMD processor. :D

    Btw, itu Prefix kayaknya lebih cocok [Share] deh gan, soalnya agan berbagi info bukan bertanya, hehe maap klo salah >.<
     
  3. ANWAR ARIEF

    ANWAR ARIEF Active Member

    Joined:
    Sep 3, 2015
    Messages:
    513
    Ane lebih setuja Nvidia GTX buat Gaming Berat :v

    tapi kalo cuma mempunyai budget yg mumpuni alias pas2an yah ambil AMD aja
     
  4. ainulfikri

    ainulfikri Member

    Joined:
    Sep 17, 2014
    Messages:
    185
    NVIDIA GTS aja udah mulus banget buat maen game, apalagi GTX. Belum juga GTX Titan yang baru tuh, jadi pengin coba sensasinya, hahaha :D
     
  5. stanisaxel

    stanisaxel New Member

    Joined:
    Sep 27, 2015
    Messages:
    16
    Sedikit koreksi sebenernya fitur PhsyX digame bisa jalan di vga amd dan nvidia cmn bedanya di vga amd PhsyX bekerja membebani CPU(aslinya phsyx dibebankan ke cpu) nah di vga Nvidia(GTX) PhsyX dialihkan kerjanya ke vga. Dan sekarang justru amd lebih boros listrik dan panas dibanding vga nvidia(walau sekarang amd sudah mulai berbenah di seri Rx 3xx)
    Kalo ane ada yang salah mohon dikoreksi ya :)
     
  6. Rizal Faisal Akbar

    Rizal Faisal Akbar Well-Known Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    2,244
    ane cukup setuju sama agan. AMD memang cukup boros listrik dibanding NVIDIA (untuk seri yang keluar dari sekitar tahun 2013-2015) karena AMD menggunakan CPU dan RAM sebagai shared memory. Mungkin bisa dilihat beberapa tipe AMD yang kadang ga murni dari chipset vga itu sendiri. Ane akui AMD lebih joss di masalah visual rendering dibanding NVIDIA (ane sendiri lebih nyaman pake AMD untuk editing video dibanding NVIDIA karena visual rendering AMD lebih cepat dibanding NVIDIA). NVIDIA memang ane cocok untuk game karena PhsyX yang ada lebih bagus performance-nya dibanding AMD.
    Intel pun sekarang sudah mulai membangun chipset sendiri meskipun masih belum baik performance-nya dibanding AMD dan NVIDIA. Dan masalah compability pun Intel masih dianaktirikan oleh para developer game dimana beberapa game tidak bisa dimainkan sama sekali. Jikapun bisa cukup tricky caranya.
     

Share This Page